Salin Artikel

ODGJ di Parepare Sulsel Diselamatkan karena Hendak Melompat dari Rumahnya Saat Banjir

 

Basarnas Ops, SAR Brimob Detasemen B Polda Sulsel Kota Parepare, SAR Pemadam, BPBD, dan Tagana menyelamatkan orang itu dari lantai dua rumah warga di Kebun Sayur, Kecamatan Soreang, Kota Parepare.

“Dari laporan warga, ada Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) saat banjir terus berteriak dan akan melompat dari atas lantai 2 rumahnya. Tim SAR Gabungan segera melakukan evakuasi dengan menggunakan tandu,“ kata Koordinator Basarnas Operasi Parepare, Dadang, Senin (6/12/2021).

Dadang mengatakan, orang itu berniat meloncat saat melihat banjir yang terjadi di sekitar tempat dia tinggal.

Karena itu, tim SAR gabungan melakukan evakuasi setelah orang itu mereka tenangkan karena keluarga tak mampu mengevakuasi.

“Sebelum mengevakuasi ke tempat yang aman, kita terlebih dahulu menenangkan korban dari trauma melihat banjir,“ ungkap Dadang.

Tingginya curah hujan yang terjadi sejak Minggu (5/12/2021) malam membuat sejumlah wilayah di Kota Parepare, Sulawesi Selatan, banjir.

Tim SAR Gabungan Kota Parepare, Sulawesi Selatan, membagi 7 tim dengan bersiaga di daerah rawan banjir di Kota Parepare, Sualwesi Selatan.

“Tim SAR terbagi dalam 7 regu, dengan 6 regu bersiaga pada 6 titik rawan banjir, sementara 1 regu berkeliling memantau kondisi di kota," jelas Safruddin Sjam, Kabid Penanggulangan dan Pertolongan Pemadam Kebakaran Kota Parepare.

Sementara itu, BPBD Kota Parepare menerjunkan personel untuk memperingatkan warga di bantaran sungai supaya segera meninggalkan rumahnya dan mengungsi ke tempat aman.

“Untuk memberikan peringatan dini, kita telah mendatangi warga sekitar bantaran sungai, utamanya di Sungai Jawi-jawi, agar segera meninggalkan rumahnya,“ jelas Kepala BPBD Kota Parepare, Rusli.

https://regional.kompas.com/read/2021/12/06/152906978/odgj-di-parepare-sulsel-diselamatkan-karena-hendak-melompat-dari-rumahnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke