Salin Artikel

Bantu Penanganan Erupsi Semeru, Polda Jatim Terjunkan Tim K-9 hingga Helikopter

Nico mengatakan, tim K-9 telah berada di lokasi untuk membantu pencarian korban. Polda Jatim juga telah mengirim tim dokter, tim disaster victim investigation (DVI), tim dapur umum, dan air bersih.

"Polri juga telah mengerahkan peralatan dan kendaraan terkait bencana alam erupsi itu. Di antaranya, mobil SAR, mobil dapur lapangan, mobil repeater, mobil water treatment, ambulans. Selanjutnya, satu Helikopter juga telah dikirimkan dan siap dioperasikan di lokasi bencana," kata Nico saat dikonfirmasi, Senin (6/12/2021).

Menurut Nico, bencana alam yang menimpa warga Lumajang itu juga dirasakan seluruh masyarakat Jawa Timur, bahkan Indonesia.

Oleh sebab itu, Nico akan memaksimalkan seluruh personel Polda Jatim untuk membantu penanganan bencana.

"Segala unsur kekuatan terbaik yang dimiliki Polri dikerahkan untuk membantu warga yang menjadi korban erupsi Gunung Semeru. Seluruh sarana dan prasarana kami maksimalkan guna meringankan beban masyarakat," tambahnya.

Berdasarkan informasi yang diterimanya, sebanyak 206 warga mengungsi di pos pengungsian Balai Desa Penanggal pada Minggu (5/12/2021) sore. Ratusan pengungsi itu berasal dari empat desa, yakni Kajar Kuning, Curah Kobokan, Kebon Seket, dan Wonosari.

Saat ini, kata Nico, para pengungsi membutuhkan masker, pakaian bersih, makanan, dan obat-obatan.

Nico juga menyebut, tim RS Bhayangkara Lumajang juga mencatat 43 korban luka dan gangguan pernapasan. 

"Sedangkan 12 warga dievakuasi dalam keadaan meninggal dunia," ungkap Nico.

Tim K-9, kata Nico, terus berupaya mencari korban yang belum ditemukan. Pencarian, kata dia, sempat dihentikan pada kemarin sore karena hujan.

"Sekarang tim brimob dibantu dengan tim K-9 masih berupaya mencari korban lainnya," jelas Kapolda Jatim itu.

https://regional.kompas.com/read/2021/12/06/091717678/bantu-penanganan-erupsi-semeru-polda-jatim-terjunkan-tim-k-9-hingga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke