Salin Artikel

Gunung Semeru Meletus, Pengungsi Butuh Masker, Makanan, Selimut, hingga Air Bersih

Dari hasil pemetaan Rumah Zakat Action, para pengungsi di Kabupaten Lumajang membutuhkan masker, makanan siap saji, air mineral, makanan bayi dan balita, selimut, alas tidur, obat-obatan, dan air bersih.

“Karena pengungsi yang terus berdatangan semakin banyak, maka kebutuhan yang harus disediakan pun semakin meningkat," ujar Koordinator Rumah Zakat Action, Izzatul Yazid saat dihubungi, Minggu (5/12/2021).

Yazid mengatakan, Rumah Zakat sudah mengirimkan para relawan terdekatnya yang berada di Jember, Kediri, dan Bandung, untuk berkoordinasi dengan pihak berwenang mengevakuasi dan menyalurkan bantuan.

Para relawan Rumah Zakat membawa satu ambulans, satu unit armada rescue, 2.000 paket Superqurban, masker medis, masker respirator, generator, lampu emergency, APD, oksigen, dan P3K.

Rencananya, Rumah Zakat membuka pos layanan kebutuhan logistik dan medis, serta mengevakuasi warga, pada Minggu.

Laporan terbaru yang diterima Izzatul, listrik di sejumlah lokasi di Kabupaten Lumajang yang terdampak letusan Gunung Semeru padam.

“Memang bukan hal yang mudah dalam upaya menyalurkan bantuan ini. Mohon doanya agar seluruh relawan diberikan Kesehatan dan kelancaran dalam melaksanakan aksi kemanusiaan ini,” ungkap Yazid.

Bagi masyarakat yang ingin menyalurkan bantuan, Rumah Zakat membuka layanan penitipan donasi erupsi Gunung Semeru. Bantuan akan disalurkan dalam bentuk kebutuhan para pengungsi terdampak.

https://regional.kompas.com/read/2021/12/05/080346478/gunung-semeru-meletus-pengungsi-butuh-masker-makanan-selimut-hingga-air

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke