Salin Artikel

Kampus di Semarang Mulai Kuliah Tatap Muka, Mahasiswa Wajib Divaksin dan Tes Antigen

Mereka diwajibkan menerapkan protokol kesehatan ketat saat melaksanakan uji coba PTM di masa pandemi Covid-19.

Mahasiswa yang diperbolehkan ikut PTM itu harus memenuhi ketentuan dari kampus yakni harus sudah divaksin minimal dosis pertama dan tes swab antigen yang berlaku 2 x 24 jam.

Selain itu, mereka juga diwajibkan mengisi formulir screening Covid-19 dan harus mendapatkan izin dari orang tuanya masing-masing untuk mengikuti PTM.

Di Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang, mahasiswa yang ikut PTM dibatasi kapasitasnya menjadi 50 persen.

Mata kuliah yang diikuti pun terbatas dan hanya mata kuliah praktik seperti Studio 2, Kerja Praktik, Gambar, Program Directing, Audio, Algoritma Pemrograman, House Keeping Management, Akuntansi Pengantar 1, Praktikum Mikrobiologi, Praktikum Agent Penyakit dan Praktikum Keamanan Pangan.

Untuk memasuki area kampus, mahasiswa harus melakukan scan QR code di aplikasi Peduli Lindungi dan suhu tidak boleh lebih dari 37,5 derajat.

Mahasiswa dari Program Studi D-4 Animasi Udinus, Leonardo Kevin Wijaya mengaku senang dapat mengikuti uji coba PTM secara terbatas.

Menurutnya, dengan adanya uji coba tersebut dapat menunjang perkuliahan praktik.

“Perkuliahan praktik jika dilakukan secara online juga sulit, banyak kendala juga salah satunya jaringan. Saya berharap teman-teman mahasiswa yang mengikuti uji coba PTM juga patuh terhadap protokol kesehatan yang ada,” kata Leonardo selepas mengikuti uji coba PTM.


Ketua Satgas Covid-19 Udinus, Dwiarso Utomo, menjelaskan persiapan pelaksanaan uji coba PTM secara terbatas sangat ketat.

Pihaknya memastikan berbagai peralatan pendukung seperti wastafel, pengukur suhu barcode Peduli Lindungi telah disiapkan di tempat masuk setiap gedung.

Selain itu, kata dia, Tim Satgas Covid-19 di Udinus juga akan rutin melakukan pengecekan terhadap jalannya uji coba PTM terbatas.

“Uji Coba PTM dimulai hari ini telah berjalan lancar dan para mahasiswa juga telah mengikuti aturan yang ada. Tim Satgas Udinus kami harap dapat menjaga konsistensi kelancaran tersebut,” imbuhnya.

Uji coba PTM terbatas yang tengah berlangsung ini akan berhenti sementara seiring ditetapkannya PPKM level 3 secara nasional pada 24 Desember 2021 - 2 Januari 2022.

PTM akan dilanjutkan kembali pada 3 Januari 2022 hingga akhir semester ganjil.

Jalannya uji coba PTM secara terbatas tersebut tertuang dalam surat keputusan Rektor Udinus dengan nomor 138/KEP/UDN-01/X/2021.

https://regional.kompas.com/read/2021/12/01/174755778/kampus-di-semarang-mulai-kuliah-tatap-muka-mahasiswa-wajib-divaksin-dan-tes

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke