Salin Artikel

Hilang Kontak 3 Hari, KM Subur Indah Ditemukan, Ini Cerita ABK yang Selamat

KOMPAS.com - Akibat kerusakan di bagian propeller, Kapal Motor (KM) Subur Indah terombang-ambing di laut hingga sempat dinyatakan hilang kontak sejak 29 November 2021.

Lalu pada Rabu (1/12/2021), KM Subur Indah berhasil terdeteksi di Perairan Ambalat sekitar pukul 09.10 Wita.

Menurut Putra, salah satu ABK KM Subur Indah yang selamat, kapal sempat terbawa arus hingga perairan Filipina.

"Sampai Filipina kemarin kapal kami. Itulah kami berusaha betul bagaimana caranya supaya bisa hidup mesin. Kami sambung has propeller-nya pakai kain, sempat satu jam jalan kapal tapi mati karena kainnya rusak," tuturnya.

Sementara itu, menurut Kepala Kantor SAR Tarakan Amiruddin, lokasi penemuan kapal berada di sekitar 25,98 nautical mile dari Pelabuhan Tunon Taka, Nunukan.

Kapal tersebut diduga terawa angin dan ombak hingga bergerak menjauh.

"Mesin sempat hidup dan propellernya berputar, mereka terus berusaha membuat kapal berjalan. Namun tidak lama kemudian kain tersebut rusak dan mesin kembali mati," kata Amir.

Seperti diberitakan sebelumnya, Tim SAR menduga KM Subur Indah sempat dinyatakan hilang kontak karena masuk wilayah blank spot area.

Hal itu membuat Tim SAR sulit mendeteksi keberadaan kapal tersebut.


"Terlebih mereka ada di lokasi perairan yang blank spot area, sehingga alat komunikasi mereka sulit terdeteksi. Selain itu, kondisi angin dan gelombang membuat kapal yang terapung terombang-ambing ombak dan terus bergerak menjauh. Sampai akhirnya ditemukan di perairan Karang Unarang wilayah Ambalat, perairan Sulawesi," jelasnya.

Namun demikian, setelah mendeteksi keberadaan KM Subur Indah, Tim SAR Kota Tarakan, segera meluncur ke lokasi untuk melakukan evakuasi lima ABK.

"Lima person on board (POB) KM Subur Indah ditemukan dalam kondisi selamat dan sehat," kata Amiruddin saat dihubungi, Rabu.

(Penulis : Kontributor Nunukan, Ahmad Dzulviqor | Editor: Teuku Muhammad Valdy Arief)

https://regional.kompas.com/read/2021/12/01/172111678/hilang-kontak-3-hari-km-subur-indah-ditemukan-ini-cerita-abk-yang-selamat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke