Salin Artikel

Vaksinasi "Door to Door" di Ambon, Wali Kota: Kalau Ada Masyarakat yang Tidak Mau, Jangan Paksa...

Tercatat ada lima desa di Ambon yang gencar menemui warganya dari rumah ke rumah untuk mendukung program vaksinasi Covid-19.

“Sekarang sudah ada lima lima negeri (desa) yang sudah melaksanakan door to door,” kata Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy di Balai Kota Ambon, Selasa (30/11/2021).

Richard menjelaskan, sejauh ini sejumlah desa di Kota Ambon ikut terlibat secara aktif memberikan vaksin kepada warganya dari rumah ke rumah. Cara itu dinilai sangat efektif karena petugas di desa lebih memahami warga masing-masing.

Adapun bagi warga yang belum menerima vaksin maka petugas di desa akan langsung memasang stiker di rumah warga.

“Sistem door to door sekarang ini beberapa desa sudah mulai laksanakan, itu kan tergantung dari kesiapan tiap-tiap negeri, ada lima desa yaitu Poka dan Hunuth, tiga desa lain saya lupa,” ungkapnya.

Richard mengaku saat ini capaian vaksinasi di Kota Ambon telah mencapai 85 persen. Petugas di desa diminta agar tidak memaksa warga yang tidak ingin divaksin.

“Sekarang sudah bagus sudah mencapai 85 persen. Saya sudah arahkan ke petugas kalau ada masyarakat yang tidak mau vaksin, tidak usah paksa, karena itu hak mereka, tapi kita secara persuasif meminta dan menjelaskan,” ungkapnya.


Menurut Richard, pada dasarnya kelompok masyarakat yang menolak vaksin terbagi dua. Pertama, kelompok yang secara sadar memilih tidak divaksin.

Lalu, kelompok yang belum mengetahui informasi menyeluruh tentang vaksinasi Covid-19 yang sudah terbukti aman.

“Ada kelompok yang ekstrem dan secara sadar menolak, tidak apa-apa itu hak mereka. Tetapi ada kelompok masyarakat yang bimbang dan khawatir karena kurang informasi, kepada mereka ini petugas memberikan penjelasan tentang vaksinasi,” jelasnya.

Ia menambahkan, dalam pelaksanaan vaksinasi door to door, masyarakat sangat menerima kehadiran petugas. Ini terbukti dengan capaian vaksinasi Covid-19 yang terus meningkat di Ambon.

“Masyarakat sangat welcome. Saya berikan rasa hormat kepada rakyat karena partisipasi mereka dalam vaksinasi, kita bisa sampai di PPKM level 1,” katanya. 

https://regional.kompas.com/read/2021/12/01/051556978/vaksinasi-door-to-door-di-ambon-wali-kota-kalau-ada-masyarakat-yang-tidak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke