Salin Artikel

Program Rutilahu 2022, Pemkot Surabaya Targetkan Perbaiki 800 Rumah

Angka tersebut meningkat dibandingkan realisasi pada tahun 2021 yakni sebanyak 623 unit.

Wakil Wali Kota Surabaya Armuji mengatakan, anggaran untuk program rutilahu telah masuk dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Surabaya Tahun 2022 yang disahkan di Hari Pahlawan, Rabu (10/11/2021).

Menurut Cak Ji, sapaan akrabnya, payung hukum pelaksanaan bedah rumah ini adalah Peraturan Wali Kota Surabaya (Perwali) Nomor 6 Tahun 2019 tentang Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni Kota Surabaya.

"Pada pasal 2 dalam perwali tersebut disebutkan tujuan dari rehabilitasi sosial rutilahu adalah untuk mengembalikan keberfungsian sosial dan meningkatkan kualitas tempat tinggal fakir miskin, melalui perbaikan kondisi rumah menjadi rumah layak huni, sehat dan aman," kata Cak Ji di Surabaya, Selasa (30/11/2021).

Lebih lanjut Cak Ji menyampaikan, dalam pasal 4 ayat (a) juga dijelaskan, kriteria manfaat kegiatan rehabilitasi sosial rutilahu adalah fakir miskin yang dibuktikan dengan masuk dalam data masyarakat miskin yang ada di Kota Surabaya.

"Sedangkan dalam pasal 4 ayat (b) disebutkan, memiliki surat keterangan miskin dari kelurahan," ujar Cak Ji.


 

Kunjungi rumah warga penerima manfaat

Ia pun menyempatkan diri mendatangi dua rumah warga penerima manfaat bedah rumah di Dinoyo milik Marifiati Ningsih dan Bambang Wijono.

Dalam kunjungannya yang didampingi Dinas Sosial, Camat Tegalsari dan Lurah Keputran, Cak Ji menyampaikan agar program rutilahu dapat menyerap tenaga kerja dari penduduk sekitar.

"Tahun 2021 ditargetkan 623 rumah diperbaiki, nanti tahun 2022 meningkat 800 rumah. Bayangkan kalau satu rumah membutuhkan dua tukang dan dua pembantu jadi akan ada 3.200 tenaga kerja yang bisa diserap," ujar Cak Ji.

Cak Ji juga menegaskan agar pelaksanaan perbaikan rutilahu bisa dikerjakan tidak lebih dari 19 hari.

"Sehingga warga juga tidak kesulitan untuk tinggal di rumah saudara maupun indekos," tutur dia.

https://regional.kompas.com/read/2021/11/30/150706778/program-rutilahu-2022-pemkot-surabaya-targetkan-perbaiki-800-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke