Salin Artikel

Jelang HUT OPM, Aktivitas di Perbatasan Indonesia-Papua Nugini Meningkat

"Ada peningkatan aktivitas penyeberangan (dari Indonesia ke PNG) jelang 1 Desember karena biasanya mereka lakukan upacara di markas Victoria," ujar Direskrimum Polda Papua Kombes Faizal Ramadhani di Jayapura, Senin (29/11/2021).

Akibat peningkatan aktivitas itu, perbatasan resmi RI-PNG ditutup sementara. Sementara, pengawasan di jalur penyeberangan tradisional diperketat.

Faizal memastikan tingkat kewaspadaan aparat keamanan telah ditingkatkan untuk meminimalisir adanya aksi pada momen tersebut.

Kabupaten atau kota di Papua yang berbatasan langsung dengan Papua Nugini adalah Jayapura, Keerom, Pegunungan Bintang, dan Merauke.

Selain di Merauke, kawasan perbatasan di Papua menjadi fokus pengawasan aparat keamanan karena jalur tersebut biasa digunakan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) beraktivitas.

Selain di kawasan perbatasan, aparat keamanan menambah jumlah personel di beberapa wilayah pegunungan yang dianggap rawan.

"Kami lakukan penebalan di beberapa kabupaten, seperti di Intan Jaya, Yahukimo, Pegunungan Bintang, Puncak, Nduga dan Tembagapura (Mimika)," kata Faizal.

https://regional.kompas.com/read/2021/11/30/102450478/jelang-hut-opm-aktivitas-di-perbatasan-indonesia-papua-nugini-meningkat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke