Salin Artikel

Hujan Deras Sebabkan Longsor di Kecamatan Sangkapura Bawean Gresik

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gresik Tarso Sagito mengatakan,  longsor terjadi di Dusun Baratsawah, Gunungmenur dan Pettongbulung yang masuk dalam wilayah Desa Gunungtegun.

"Informasi kejadian pascahujan, memang terjadi longsor di Desa Gunungteguh. Ada tiga dusun, yakni di Dusun Baratsawah, Gunungmenur dan Pettongbulung," ujar Tarso, Senin.

Total kerugian ratusan juta

Longsor yang terjadi di Dusun Baratsawah, menyebabkan tembok penahan tanah di selatan Masjid Al Mubarok sepanjang 31 meter, lebar 6 meter dan tinggi 6 meter mengalami kerusakan.

Estimasi kerugian mencapai Rp 300 juta.

Sementara di Dusun Gunungmenur, longsor melanda tebing pekarangan rumah milik Syamsul Arif (45) sepanjang 15 meter dan lebar 3 meter.

Kerugian akibat longsor diperkirakan mencapai Rp 75 juta.

Sedangkan di Dusun Pettongbulung, longsor melanda tebing pekarangan rumah milik Haniyah sepanjang 7 meter dan lebar 4 meter, dengan kerugian sekitar Rp 65 juta.

"Tidak ada korban jiwa, hanya kerugian material," ucap Tarso.


Sementara Sekretaris Desa Gunungteguh Hasan membenarkan, hujan lebat yang turun menyebabkan beberapa titik lokasi mengalami longsor.

Ia juga menegaskan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Pihaknya pun mengaku telah melakukan langkah penanganan.

"Tadi bersama Forkopimcam sudah melakukan monitoring longsor, dan memberikan pembatas jalan di sepanjang area longsor," kata Hasan, saat dihubungi awak media.

https://regional.kompas.com/read/2021/11/29/165736778/hujan-deras-sebabkan-longsor-di-kecamatan-sangkapura-bawean-gresik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke