Salin Artikel

Gunung Api Ile Werung di Lembata Meletus, Air Laut Sempat Naik Sekitar 1 Meter

Ketua Pos Pengamatan Gunung Api Ile Werung Wilson menjelaskan, pantauan menyebutkan, letusan dan bualan terjadi di perairan selatan di sekitar kompleks Gunung Api Ile Werung. Peristiwa itu membuat muka air laut naik.

“Menurut laporan warga, muka air laut sempat naik pada Minggu (28/11/2021) malam, dengan ketinggian kurang dari satu meter dan jarak jangkauan ke darat (inundasi) sekitar 30 meter,” jelas Wilson dalam rilis tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (29/11/2021).

Berdasarkan data pantauan gunung api, letusan mulai terjadi pada Minggu sekitar pukul 21.52 Wita. Peristiwa itu berlangsung sekitar satu jam.

Lalu, letusan kembali terekam pada Senin mulai pukul 05.17 Wita.

Hingga saat ini, kata dia, letusan masih terjadi, tetapi tidak menunjukkan peningkatan yang signifikan.

Wilson menyebut, terpantau asap letusan setinggi sekitar 100 meter dari muka laut disertai bualan pada Senin pukul 08.29 Wita.

“Secara visual, aktivitas bualan ini tidak terjadi di lokasi gunung api bawah laut Hobal. Lokasinya berada sekitar satu km di sebelah selatan gunung api bawah laut Hobal dan kemungkinan besar masih berasosiasi dengan aktivitas kompleks Gunung Api Ile Werung,” jelasnya.

Akibat rangkaian letusan itu, status Gunung Api Ile Werung dinaikkan dari level 1 (normal) menjadi level 2 (waspada) mulai Senin pukul 10.00 Wita.

“Masyarakat direkomendasikan untuk sementara waktu agar menghindari aktivitas di sekitar pantai di sekitar area lokasi bualan dan menghindari berlayar untuk mengantisipasi potensi kenaikan muka air laut," kata Wilson.

"PVMBG terus melakukan pemantauan dan evaluasi aktivitas kompleks Gunung api Ile Werung dan melakukan koordinasi dengan BPBD setempat untuk melakukan sosialisasi,” jelas Wilson.

https://regional.kompas.com/read/2021/11/29/132412978/gunung-api-ile-werung-di-lembata-meletus-air-laut-sempat-naik-sekitar-1

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke