Salin Artikel

Hasil Tracing, 113 Siswa SMP di Pekanbaru Terpapar Covid-19

"Dari hasil tracing bertambah sebanyak 59 orang. Jadi total siswa SMP IT Abdurrab yang terkonfirmasi positif Covid-19 menjadi 113 siswa," kata Kepala Dinas Kesehatan Riau Mimi Yuliana Nazir dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Minggu (28/11/2021).

Ia mengatakan, penambahan kasus positif tersebut terungkap setelah pihaknya melakukan pengetesan terhadap seluruh siswa di asrama.

Siswa yang positif Covid-19 saat ini sudah diisolasi di asrama dan dipisah dengan siswa yang negatif.

Sementara siswa yang negatif Covid-19 harus menjalani isolasi lima hari di asrama sebelum dipulangkan.

"Semua siswa yang positif Covid-19 tidak bergejala. Jadi, saat dilakukan pemeriksaan rutin terdeteksi siswa yang positif. Mereka semua sudah divaksin dua kali, mudah-mudahan tidak ada yang parah, karena sudah divaksin," kata Mimi.

Menurut Mimi, siswa yang terpapar Covid-19 ini diduga dari orang luar lingkungan sekolah atau guru yang keluar masuk asrama.

Sehingga, saat berada di luar tertular Covid-19, dan menularkan ke siswa yang ada di lingkungan sekolah.

"Bisa saja dari guru yang tidak di asrama, dan keluar masuk. Atau dari orang luar yang masuk ke asrama. Jadi inilah yang harus diantisipasi bagi sekolah yang boarding school, mewaspadai orang yang keluar masuk ke sekolah, termasuk gurunya," kata Mimi.

Selain itu, banyaknya siswa yang terpapar ini kemungkinan terjadi karena ada kondisi siswa maupun guru yang imunnya rendah. 

"Bisa saja guru yang tidak di asrama imunnya kuat, dan tidak terdeteksi virusnya. Tapi, bagi siswa dan guru yang ada di dalam asrama imunnya rendah, jadi yang kena (Covid-19) yang berada di dalam asrama," tambahnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/11/28/132125778/hasil-tracing-113-siswa-smp-di-pekanbaru-terpapar-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke