Salin Artikel

Borobudur Marathon 2021 Pancing Geliat Ekonomi Usai Terpukul Pandemi

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berharap, Borobudur Marathon 2021 menjadi harapan kebangkitan geliat ekonomi masyarakat. 

Sebab, pandemi Covid-19 memukul hampir seluruh sektor, tidak terkecuali Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang sudah tumbuh bersama perhelatan olahraga lari bergengsi itu.

"Kita mencoba untuk mendorong, memancing, memberikan stimulan agar UKM-nya jalan," kata Ganjar di elite race Borobudur Marathon 2021 powered by Bank Jateng, di Candi Borobudur Magelang, Sabtu (27/11/2021).

Ganjar optimistis pelaksanaan Borobudur Marathon yang digarap Harian Kompas dan Yayasan Borobudur Marathon ini ke depan akan kembali normal seperti sebelum pandemi.

Ketika itu, agenda ini mampu mengundang ribuan peserta lomba lari.

"Kalau pesertanya Borobudur Marathon lebih banyak, maka mungkin Balkondesnya juga akan laku, begitu juga kegiatan ekonomi lainnya," ucap Ganjar.

Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno menambahkan, pihaknya telah memberikan program guna menggiatkan pelaku UKM ataupun UMKM berupa edukasi bertajuk Pawone Sinau Borobudur Marathon 2021.

Melalui Pawone Sinau pihaknya memberikan motivasi hingga kiat-kiat sukses berwirausaha.

"Di bidang kuliner misalnya, kita beri mereka semangat untuk meningkatkan kualitas makanan, minuman, hingga kemasannya. Termasuk pula homestay. Mudah-mudahan melalui Pawones Sinau geliat ekonomi menjadi inspirasi bagi semuanya," papar Nano, panggilan akrab Supriyatno.


Bersamaan dengan penyelenggaraan Borobudur Marathon 2021, pihaknya juga meluncurkan program permodalan tanpa agunan bernama Kredit Lapak untuk kaum ibu kreatif di Jawa Tengah. 

"Program ini untuk ibu-ibu pedagang di pasar, ibu-ibu kratif di rumah, yang menghasilkan kerajinan, olahan makanan dan sebagainya. Maksimal pinjaman Rp 2 juta dan bunga 2 persen per tahun," terang Nano.

https://regional.kompas.com/read/2021/11/27/210008278/borobudur-marathon-2021-pancing-geliat-ekonomi-usai-terpukul-pandemi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke