Salin Artikel

Detik-detik Uang Rp 70 Juta Koin Rp 500 Jatuh dari Bagasi Bus, Dipunguti Warga, lalu Dikembalikan ke Pemiliknya

Uang tersebut ternyata paket yang hendak dikirim dan disimpan dalam bus angkutan umum Budiman. Bus tersebut datang dari arah Ciamis menuju Kota Banjar.

Saat melewati tikungan di dekat Masjid Agung Cisaga, bagasi bus sebelah kiri terbuka hingga uang logam Rp 500 senilai Rp 70 juta yang ada di bagasi berjatuhan ke jalan.

"Enggak tahu bagasinya lupa dikunci atau gimana, sehinga pintu bagasi terbuka dan barang didalam bagasi jatuh ke luar," kata Tantan Arisyanto, anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Ciamis, saksi mata yang ada di lokasi kejadian.

Selain warga, kondektur bus juga datang dan ikut mengumpulkan uang logam. Setelah terkumpul uang itu langsung dibawa oleh kondektur tersebut.

"Katanya uang logam itu ada yang (nitip) memaketkan. Nilainya kurang lebih Rp 70 juta," kata Tantan.

Uang tersebut dikemas warga ke sebuah dus dan kantong plastik. Saking jumlahnya yang banyak, warga sempat menggunakan sapu lidi untuk menyapu uang dari jalan raya.

Uang tersebut kemudian ke pemiliknya lewat kondektur bus.

Kejadian tersebut dibenarkan oleh Kapolsek Cisaga, Ajun Komisaris Polisi Rochani.

Ia mengatakan melihat uang berserakan, warga setempat membantu memunguti dan memasukkan ke dus dan kantong plastik. Kini, uang tersebut sudah diambil oleh pemiliknya.

"Sudah diambil sama yang punya. Warga hanya membantu memungut uangnya," kata Rochani.

Diunggah di akun Youtube

Peristiwa berserakannya uang di jalan raya ini diunggah oleh salah satu akun YouTube bernama Laswi Channel.com dengan judul "Jutaan Uang Receh Jatuh dari Mobil Diburu Warga".

Dalam rekaman video di akun tersebut, nampak sejumlah warga sedang memungut uang koin yang berserakan ke sebuah dus dan kantong plastik.

Saking banyaknya, warga sempat menggunakan sapu lidi untuk menyapu uang dari jalan raya.

Di video tersebut, warga di sekitar sempat berkata, "hujan duit, hujan duit.". Warga lainnya berkata, "mau beli Fortuner pakai uang receh."

SUMBER: KOMPAS.com (Penulis: Candra Nugraha | Editor : Aprillia Ika)

https://regional.kompas.com/read/2021/11/27/072000678/detik-detik-uang-rp-70-juta-koin-rp-500-jatuh-dari-bagasi-bus-dipunguti

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke