Salin Artikel

Kerusuhan Ormas di Karawang, Berawal Mobil yang Ditumpangi 3 Ormas Lain Tersasar

KOMPAS.com - Kapolres Karawang AKBP Aldi Sunartono mengatakan, bentrokan antara organisasi masyarakat (ormas) yang terjadi di Jalan Interchange, Desa Purwadana, Kecamatan Telukjambe, Timur, pada Rabu (24/11/2021) siang, berawal dari tiga ormas tersasar.

Saat itu, kata Aldi, mobil yang ditumpangi tiga ormas itu hendak menuju ke salah satu perusahaan di kawasan Karawang Internasional Industrial City (KIIC) menyusul rekannya yang sudah lebih dulu berunjuk rasa di sana terkait pengelolaan limbah.

Unjuk rasa di Kawasan KIIC itu berjalan kondusif karena pengamanan sudah direncanakan.

Namun, dalam perjalanannya, mereka tersasar hingga ke kota.

Kemudian, di lokasi tersasar itu mereka bertemu dengan ormas lain hingga dikeroyok dan mobil yang mereka tumpangi dirusak kelompok ormas lain.

"Tiga orang mengalami luka-luka, sekarang sedang dirawat. Alhamdulillah semuanya bisa komunikasi, sekarang dirawat, kita tetap akan memperhatikan kesehatannya," kata Aldi, Rabu.

Tak senang temannya dikeroyok, rekan-rekan korban berencana mendatangi markas ormas yang menganiaya mereka.


Namun, saat itu Kapolres Karawang melakukan tindakan persuasif dan berjanji mengusut tuntas kasus itu.

Mendengar pernyataan dari Kapolres Karawang, massa yang merupakan rekan korban pengeroyokan yang sebelumnya bertahan di akses masuk kawasan KIIC bersedia membubarkan diri.

Saat ini polisi sedang mengejar pelaku pengeroyokan tiga ormas tersebut. Selain itu, sejumlah saksi sedang diperiksa dan barang bukti telah dikumpulkan.

"Terkait masalah hukum, kita akan tindak tegas siapa pun yang terlibat. Tentunya sesuai dengan hasil pemeriksaan," kata Aldi usai massa bubar.

Buntut dari kerusuhan ormas tersebut lalu lintas di Jalan Intercgange Karawang Barat macet, sejumlah angkutan karyawan yang hendak masuk ke kawasan KIIC diminta putar balik.

Sebelumnya diberitakan, bentrokan organisasi masyarakat (ormas) terjadi di Jalan Interchange Karawang Barat, Rabu (24/11/2021). Akibatnya, dua orang mengalami luka-luka dan sebuah mobil hancur.

Bentrokan itu sendiri terjadi tepat di depan Hotel Resinda, Desa Purwadana, Kecamatan Telukjambe Timur, Karawang, sekitar pukul 12.00 WIB.

 

(Penulis : Kontributor Karawang, Farida Farhan | Editor : David Oliver Purba)

https://regional.kompas.com/read/2021/11/25/104838678/kerusuhan-ormas-di-karawang-berawal-mobil-yang-ditumpangi-3-ormas-lain

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke