Salin Artikel

Duduk Perkara Bentrok Ormas di Karawang, Berawal dari Demo soal Limbah di KIIC, Tiba-tiba Mobil Ormas Lain Melintas...

Menurut dia, kerusuhan berawal saat sebuah kelompok masyarakat sedang melakukan aksi unjuk rasa di depan salah satu perusahaan di kawasan Jalan Interchange (KIIC), Karawang Barat, Jawa Barat, Rabu (24/11/2021) terkait pengelolaan limbah.

Aksi demo atau unjuk rasa di KIIC itu berjalan kondusif lantaran pengamanan sudah direncanakan.

Kemudian, mobil yang ditumpangi tiga orang dari ormas yang mau demo di KIIC melintas di lokasi lain.

Gara-gara tiga anggota ormas nyasar

Melihat ada anggota ormas lain di dalam mobil, ormas lain kemudian ricuh hingga menghancurkan mobil yang ditumpangi dan mengeroyok tiga orang di dalamnya.

Mendengar rekannya dikeroyok oleh ormas lain, ormas yang demo depan KIIC yang merupakan rekan korban pengeroyokan kemudian berupaya merangsek ke markas ormas lain tersebut, namun tertahan di akses masuk kawasan Karawang International Industrial City (KIIC) oleh polisi. 


Janji Kapolres Karawang yang bikin massa bubar

"Tiga orang (yang dikeroyok) mengalami luka-luka, sekarang sedang dirawat. Alhamdulillah semuanya bisa komunikasi, sekarang dirawat, kita tetap akan memperhatikan kesehatannya," ujar Aldi usai massa bubar di lokasi, Rabu. 

Kapolres di depan massa berjanji akan memproses hukum pengeroyok anggota ormas di Jalan Interchange, Karawang Barat, Jawa Barat pada Rabu (24/11/2021).

Mendengar janji Kapolres itu, massa yang merupakan rekan korban pengeroyokan yang sebelumnya bertahan di akses masuk kawasan Karawang International Industrial City (KIIC) bersedia membubarkan diri.

"Terkait masalah hukum, kita akan tindak tegas siapa pun yang terlibat. Tentunya sesuai dengan hasil pemeriksaan," kata Aldi.

Polisi saat ini tengah mengejar pelaku pengeroyokan. Sejumlah saksi sedang diperiksa dan barang bukti telah dikumpulkan.

600 tim pengaman diturunkan

Dalam pengamanan kericuhan, Polres Karawang di-back up oleh 600 anggota Kodim 0604 Karawang.

Aldi mengimbau kepada semua stakeholder tetap menjaga kondusifitas agar Karawang tetap aman.

Diberitakan sebelumnya, bentrokan Ormas terjadi di Jalan Interchange Karawang Barat, Rabu (24/11/2021). Akibatnya, dua orang mengalami luka - luka dan satu unit mobil hancur.

Keributan terjadi tepatnya di depan Hotel Resinda, Desa Purwadana, Kecamatan Telukjambe Timur, Karawang, pukul 12.00 WIB.

Buntut kerusuhan, terjadi kemacetan di Jalan Interchange Karawang Barat. Sejumlah kendaraan yang hendak menuju KIIC diminta putar balik.

(Penulis Kontributor Karawang, Farida Farhan | Editor David Oliver Purba)

https://regional.kompas.com/read/2021/11/24/183928378/duduk-perkara-bentrok-ormas-di-karawang-berawal-dari-demo-soal-limbah-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke