Salin Artikel

Alun-alun Lamongan Bakal Ditutup Saat Nataru, Antisipasi Penyebaran Covid-19

Penutupan itu dilakukan sebagai upaya mencegah penyebaran dan lonjakan kasus Covid-19 di Kabupaten Lamongan. 

Alun-Alun akan ditutup

Kasatlantas Polres Lamongan AKP Aristianto Budi Sutrisno mengatakan, penutupan Alun-Alun Lamongan akan dilakukan pada saat momen Nataru.

Hal itu sudah sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri), dalam rangka mengantisipasi serta mencegah penyebaran Covid-19.

"Sesuai Inmendagri dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19 saat Nataru, itu kan semua daerah kembali menerapkan PPKM Level 3. Di Lamongan, kami memutuskan untuk menutup Alun-Alun yang biasa menjadi tempat berkumpulnya warga ketika momen Nataru," ujar Aristianto, Rabu (24/11/2021).

Rekayasa lalu lintas

Tidak hanya menutup Alun-Alun Lamongan, aparat kepolisian juga menyiapkan rekayasa lalu lintas bersama dengan pihak-pihak terkait selama momen Nataru.

Salah satunya, rekayasa lalu lintas satu arah di jalan raya yang berada di sekitar Alun-alun Lamongan.

"Kami juga akan lakukan one way system di seputar alun-alun, nantinya akan kami sosialisasikan agar diketahui oleh publik," ucap Aristianto.


Rekayasa lalu lintas, kata Aristianto, juga akan dibarengi dengan pendirian posko di beberapa titik.

Posko didirikan untuk memberikan pelayanan keamanan dan ketertiban bagi masyarakat selama momen Nataru.

Termasuk, mengantisipasi adanya pendatang dari luar yang hendak masuk.

"Cuma nanti teknisnya seperti apa, serta berapa jumlah posko yang akan kami dirikan, nanti akan kami kabarkan lebih lanjut. Sementara beberapa titik di perbatasan kabupaten (yang pasti)," tutur Aristianto.

Adapun beberapa titik posko yang akan didirikan antara lain di sekitar area Wisata Bahari Lamongan (WBL) di Kecamatan Paciran, perbatasan Kabupaten Lamongan dengan Gresik, serta perbatasan Lamongan dengan Kabupaten Bojonegoro dan Tuban di sekitaran Kecamatan Babat.

"Kami juga berencana akan mendirikan posko, di beberapa tempat yang kami nilai berpotensi adanya keramaian. Cuma sekali lagi, nanti akan kami umumkan secara pastinya usai rapat koordinasi," tutur Aristianto.

https://regional.kompas.com/read/2021/11/24/170403478/alun-alun-lamongan-bakal-ditutup-saat-nataru-antisipasi-penyebaran-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke