Salin Artikel

Peringatan Dini Cuaca Ekstrem di Bangka Belitung, Ini Imbauan BMKG

Masyarakat diminta waspada terhadap potensi hujan lebat dan banjir yang bisa mengganggu transportasi darat.

Koordinator Data dan Informasi BMKG Kepulauan Bangka Belitung Kurniaji mengatakan, peringatan dini cuaca ekstrem berbasis dampak meliputi seluruh wilayah kabupaten/kota di Bangka Belitung.

"Hujan lebat kategori normal dan hujan lebat kategori 3 atau waspada berpotensi terjadi di sejumlah wilayah di Bangka Belitung," kata Kurniaji dalam keterangan tertulis, Selasa (23/11/2021) malam.

Dia menuturkan, hujan lebat kategori 3 berpotensi terjadi di Kecamatan Puding Besar dan Kecamatan Riausilip Kabupaten Bangka.

Kemudian Kecamatan Bukitintan, Pangkalpinang.

Risiko yang kemungkinan terjadi seperti genangan air di jalan raya, genangan air di permukiman dan kawasan bantaran sungai.

"Tidak berkegiatan di luar rumah jika tidak mendesak," ujar Kurniaji.

Sementara itu, dari data yang dihimpun prakirawan BMKG menyebutkan bahwa hujan lebat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi hingga tengah malam.

Wilayah yang akan terdampak antara lain Tukak Sadai, Kepulauan Pongok, Air Gegas, Mendo Barat, Bukitintan dan Pangkalbalam.

Menyikapi kondisi cuaca yang tidak menentu, masyarakat diminta waspada dan tetap tenang, serta memperbarui informasi melalui media massa, media sosial, dan situs resmi BMKG.

https://regional.kompas.com/read/2021/11/24/054833578/peringatan-dini-cuaca-ekstrem-di-bangka-belitung-ini-imbauan-bmkg

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke