Salin Artikel

Balap Sepeda Tour de Sabang Gratis, Ini Syarat untuk Peserta

Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Aceh menegaskan bahwa kejuaraan balap sepeda Tour de Sabang tidak akan memungut biaya pendaftaran dari peserta, alias gratis.

"Saya tegaskan sesuai rencana awal pelaksanaan Tour de Sabang tidak ada pungutan biaya pendaftarannya atau gratis," kata Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan, Pemuda dan Olahraga Dispora Aceh Teuku Bustamam dalam jumpa pers di Banda Aceh, seperti dikutip dari Antara, Senin (22/11/2021).

Bustamam mengatakan, pada Tour de Sabang yang bakal dilaksanakan pada 26-28 November 2021, Pemerintah Aceh mengakomodasi semua kebutuhan terkait pelaksanaan kegiatan sesuai ketersediaan dana yang telah disesuaikan peruntukannya.

"Bagi peserta dari luar daerah yang ingin mendaftar dengan registrasi daring atau online juga dapat dilakukan secara gratis," ujar dia.

Bustaman menjelaskan, Tour de Sabang merupakan program Pemerintah Aceh dalam rangka pembinaan dan peningkatan prestasi olahraga, khususnya balap sepeda yang merupakan impian dan uraian kerja pengurus Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Aceh.

Sementara itu, Ketua ISSI Aceh Darwati A Gani mengatakan, rencananya ajang balap sepeda itu dilaksanakan berskala internasional.

Namun, acara ini tertunda karena masih pandemi Covid-19, sehingga hanya akan dilakukan pada tingkat nasional.

"Jika Tour de Sabang terlaksana dengan baik, tentu akan menjadi kebanggaan bagi Aceh," kata Darwati.

Syarat dan pendaftaran

Dalam kesempatan ini, perwakilan event organizer (EO) Tour de Sabang Muhammad Nagib mengatakan, mekanisme penyelenggaraan kegiatan tersebut dilaksanakan secara terbuka dan pendaftaran itu dapat diakses melalui laman www.tourdesabang.com.

Pihaknya telah berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait pengamanan dan lainnya, sehingga persiapan Tour de Sabang hingga saat ini telah mencapai 90 persen.

"Sementara untuk calon peserta yang telah mendaftar hingga saat ini sudah mencapai 365 peserta dari target sebanyak 300 pebalap sepeda," kata Nagib.


Adapun sebanyak 160 peserta yang sudah mendaftar tersebut di antaranya untuk sepeda gunung atau mountain bike (MTB) yang akan digelar pada 26 November 2021.

"Khusus untuk sepeda balap (road bike) yang terdaftar di kalender UCI gran fondo sebanyak 205 peserta yang dilaksanakan pada 27-28 November 2021," kata Nagib.

Sementara itu, Kepala Seksi Pembinaan Olahraga dan Prestasi Dispora Aceh Muksalmina mengatakan, seluruh peserta Tour de Sabang wajib sudah mengkuti vaksinasi Covid-19.

Ia mengatakan, Tour de Sabang ini dilaksanakan sebagai upaya meningkatkan kesehatan, serta kebugaran seluruh atlet pesepeda se-Indonesia.

Dengan demikian, agar Tour de Sabang tidak menimbulkan efek yang tidak baik, maka sangat diharapkan peserta mematuhi peraturan kesehatan Covid-19.

"Untuk vaksinasi ini sangat kita tekankan sekali. Kita sangat berharap peserta patuh untuk hal demikian," ujar dia.

Bagi peserta yang belum vaksin karena alasan kesehatan, menurut Muksalmina, harus memberikan penjelasan dan bukti tidak lulus skrining kesehatan untuk vaksinasi.

https://regional.kompas.com/read/2021/11/23/070559178/balap-sepeda-tour-de-sabang-gratis-ini-syarat-untuk-peserta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke