Salin Artikel

Nihil Kasus Positif Covid-19, Satgas Optmistis Kota Ambon Segera Zona Hijau

Pemerintah Kota Ambon optimistis bisa masuk ke zona hijau penyebaran Covid-19 dalam waktu dekat.

Juru bicara Satgas Covid-19 Kota Ambon Joy Adriaansz mengungkapan, ibu kota Provinsi Maluku itu masih berada di zona kuning atau risiko rendah penyebaran Covid-19 dengan skor 2.92, terpaut 0.08 persen dari batas skor zona hijau.

“Pada minggu kemarin kita ada di skor 2.92, memang masih zona kuning, tapi kita optimistis dalam dua minggu ke depan kita akan masuk di zona hijau dengan skor paling rendah 3.01,” kata Joy kepada wartawan di Balai Kota Ambon, Senin (22/11/2021).

Meski tidak ada kasus positif Covid-19 di Kota Ambon, ia mengimbau masyarakat tidak lengah dan tetap disiplin terhadap protokol kesehatan.

Ia juga mengajak warga yang belum menerima vaksin, agar dapat mengikuti vaksinasi yang digelar pemerintah Kota Ambon di Lapangan Merdeka.

“Juga masyarakat yang belum divaksinasi baik dosis pertama maupun kedua, dapat menuju posko vaksinasi yang setiap hari dibuka di Tribun lapangan Merdeka,” katanya.

Khusus untuk vaksinasi lansia, Joy mengakui akan dilaksanakan secara door to door oleh Satgas Covid-19 tingkat desa dan kelurahan serta petugas puskesmas setempat. Sehingga, target capaian vaksinasi 60 persen bisa tercapai.

Persiapan untuk vaksinasi door to door, lanjutnya, tengah dilakukan Satgas Covid-19 Kota Ambon dengan melakukan pemetaan berdasarkan data yang diunduh dari Kementerian Kesehatan RI, dan dipilah per desa dan kelurahan.

“Setelah pemetaan rampung, akan dilakukan pemasangan stiker di rumah masyarakat yang berisi informasi siapa yang sudah divaksinasi maupun yang belum. Lewat informasi inilah tim akan langsung memberikan vaksin kepada masyarakat yang belum vaksinasi dosis pertama maupun dosis kedua,” terangnya.

Joy berharap masyarakat tidak lagi percaya berita hoaks tentang vaksinasi. Ia juga meminta masyarakat mendukung vaksinasi door to door yang dilaksanakan Pemkot Ambon.

“Kami berharap masyarakat agar jangan percaya berita hoaks karena vaksin sudah terbukti terbukti aman dan halal, serta mampu melindungi diri kita dan keluarga dari Covid-19,” jelasnya.

Untuk diketahui, hingga 22 November 2021, capaian vaksinasi Covid -19 di Kota Ambon untuk dosis pertama 229.089 jiwa atau 83.55 persen dan dosis kedua 137,546 jiwa atau 50,16 persen.

https://regional.kompas.com/read/2021/11/22/204132878/nihil-kasus-positif-covid-19-satgas-optmistis-kota-ambon-segera-zona-hijau

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke