Salin Artikel

Kabar Baik, Kota Ambon Kini Nol Pasien Covid-19

AMBON,KOMPAS.com - Kota Ambon, Maluku akhirnya bebas dari Covid-19 setelah lebih dari setahun lamanya berjuang melawan virus tersebut.

Terhitung mulai Senin (22/11/2021), ibi kota provinsi Maluku tersebut tidak lagi merawat satu pun pasien Covid-19.

“Kita bersyukur karena terhitung hari ini tidak ada lagi pasien terkonfirmasi positif yang dirawat maupun menjalani isolasi mandiri,” kata Juru Bicara (Jubir) Satgas Covid-19 Kota Ambon, Joy Adriaansz kepada wartawan di balai kota Ambon, Senin.

Adapun pasien pertama yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Maluku diumumkan pemerintah provinsi Maluku pada 22 Maret 2020.

Setelah diumumkan pasien pertama di Maluku yang positif Covid-19 itu, kasus terkonfirmasi positif di Maluku khususnya Kota Ambon terus bertambah.

Kota Ambon bahkan pernah mencatat rekor tertinggi merawat sekitar 5.000 pasien aktif baik di rumah sakit maupun di lokasi karantina terpusat.

Selama kasus perdana Covid-19 di temukan di Ambon sejak Maret 2020, atau 19 bulan lamanya, Kota Ambon akhirnya benar-benar terbebas dari corona.

“Ini perjuangan kita semua yang patut disyukuri, akhirnya tidak ada lagi pasien corona yang dirawat saat ini,” ujar Joy.

Atas capaian yang diraih itu, Joy pun menyampaikan apresiasi kepada seluruh petugas medis, aparat TNI Polri, dan semua lapisan masyarakat Kota Ambon atas perjuangannya selama ini hingga Kota Ambon saat ini bisa terbebas dari virus tersebut.

“Tentu ini perjuangan kita semua, bukan hanya pemkot Ambon tapi juga TNI Polri, satgas, tim medis dan semua lapisan masyarakat,” katanya.

Untuk diketahui, kasus terkonfirmasi Covid-19 di Kota Ambon tercatat mencapai 8.878 kasus. Dari jumlah itu, sebanyak 165 pasien dinyatakan meninggal dunia, dan 8.713 pasien dinyatakan sembuh. 

https://regional.kompas.com/read/2021/11/22/192054378/kabar-baik-kota-ambon-kini-nol-pasien-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke