Salin Artikel

Bobby Nasution Minta Perbaikan Danau Siombak di Medan

"Kami ingin agar tahun depan ada perbaikan Danau Siombak, dan Pemkot Medan siap mendukung pengerjaan yang dilakukan BWS Sumatera II," ujar Bobby di Medan, seperti dikutip dari Antara, Minggu (21/11/2021).

Bobby mengatakan, keberadaan danau buatan dengan luas sekitar 40 hektar ini memiliki banyak potensi yang bisa dimanfaatkan.

Salah satunya sebagai tempat penampungan air.

Danau Siombak memiliki diameter sekitar 1.000 meter dan kedalaman 12 meter yang dinilai sangat baik mengatasi persoalan banjir di kawasan Medan utara.

"Oleh sebab itu, kami berharap revitalisasi Danau Siombak masuk ke dalam program kerja BWS Sumatera II, sehingga masyarakat Kota Medan bisa terhindar dari persoalan banjir," kata Bobby Nasution.

Kepala BWS Sumatera II Maman Noprayamin mengatakan, pihaknya telah memetakan permasalahan di sekitar Danau Siombak, yakni banjir rob, kenaikan muka air laut, sampah, kualitas air, dan sedimentasi (pendangkalan).

"Untuk mengatasi kelima permasalahan itu, kami mengusulkan agar dibangun tanggul," kata Maman dalam pertemuan di Kantor BWS Sumatera II.

Sedangkan permasalahan kualitas air, menurut dia, bisa diatasi dengan instalasi pengolahan air (water treatment plant/ WTP) dan mengedukasi masyarakat untuk menjaga kualitas air.

"Untuk sampah, kami sarankan dibangun trash rack atau alat penyaring sampah dan edukasi warga agar tidak membuang sampah sembarangan. Terakhir, sedimentasi dengan sediment trap atau perangkap endapan," tutur Maman.

https://regional.kompas.com/read/2021/11/22/072424978/bobby-nasution-minta-perbaikan-danau-siombak-di-medan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke