Salin Artikel

Hujan 2 Hari, 101 Rumah Warga Sikka NTT Terendam Banjir

MAUMERE, KOMPAS.com - Hujan dua hari berturut-turut mengakibatkan sebanyak 101 rumah warga di Kelurahan Waioti, Kecamatan Alok, Kabupaten Sikka, NTT, terendam banjir.

Sekretaris BPBD Sikka, Paskalis Pacelie, mengatakan, ratusan rumah itu terendam banjir setelah hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur selama 2 hari yakni pada tanggal 20 dan 21 November.

Ratusan rumah warga tersebut terendam banjir akibat kecilnya jalur pembuangan air hingga terjadinya genangan.

"Tim reaksi cepat (TRC) BPBD Kabupaten Sikka langsung terjun ke lokasi untuk melakukan pemantauan, pendataan dan evakuasi," kata Paskalis saat dikonfirmasi Kompas.com, Minggu siang.

Pihaknya langsung berkoordinasi dengan pihak Dinas Sosial aparat di tingkat kecamatan maupun kelurahan terdampak untuk sama-sama melakukan penanganan di lokasi bencana.

Ada 103 KK dengan 451 jiwa yang terdampak akibat banjir setinggi lutut orang dewas itu.

Selain merendam rumah penduduk, satu hewan juga mati terseret banjir.

"Kami langsung berkoordinasi dengan Pastor Paroki Waioti guna meminta tempat sebagai posko pengungsian penanganan banjir. Hal Ini sebagai langkah antisiapsi, apabila terjadi hujan dengan itensitas tinggi, maka warga segera mengungsi dan evakuasi mandiri di area paroki yang sudah ditentukan," kata dia.

Selain Itu, lanjut dia, BPBD Sikka juga menurunkan 10 personel TRC BPBD dan dua unit mesin isap guna mempercepat penyedotan genangan air tersebut.

Kurang lebih 2 jam genangan air mulai surut dan warga dapat beraktivitas kembali seperti biasa.

BPBD pun terus mengimbau masyarakat agar dapat mempersiapkan diri dengan pengetahuan tentang kesiapsiagaan sebagai langkah antisipasi terhadap adanya potensi bencana yang dipicu faktor cuaca, terlebih dalam mengantisipasi potensi bahaya fenomena La Nina yang terjadi saat ini.

"Warga masyarakat juga bisa langsung mengakses info cuaca di akun FB BMKG Sikka," tambah dia.

https://regional.kompas.com/read/2021/11/21/164332178/hujan-2-hari-101-rumah-warga-sikka-ntt-terendam-banjir

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke