Salin Artikel

Pengadaan Tanah untuk Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap Sampai Garut Ditarget Selesai Desember 2021

Salahsatunya proses pengadaan tanah untuk pembangunan tol yang selama ini terus dilaksanakan oleh Kementerian PUPR dengan pihak Provinsi Jawa Barat dan daerah Kabupaten/kota yang dilewatinya.

Kementerian PUPR pun menargetkan penetapan lokasi (penlok) atau proses penyediaan tanah untuk tol sampai Garut akan rampung pada Desember 2021 atau akhir tahun sekarang.

"Progres Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap sampai saat ini, Kementerian PUPR menargetkan pada akhir tahun sekarang proses pengadaan tanah atau penlok akan selesai dari Gedebage sampai Garut. Mulainya memang penyediaan tanah dari Gedebage dulu, ke Garut sampai Tasikmalaya. Itu rencana pembangunan tahap satu tol itu," jelas Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pengadaan Tanah Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap Kementerian PUPR, Ade Sudrajat, kepada Kompas.com lewat telepon, Jumat (19/11/2021).

Selanjutnya, tambah Ade, proses penyediaan tanah mulai tahun 2022 akan dilanjutkan dari Garut sampai Tasikmalaya sesuai rencana progres pembangunan tol tahap pertama dari Gedebage-Tasikmalaya.

Adapun rencana pembangunan tol tahap pertama dari Gedebage-Tasikmalaya ditargetkan selesai pada tahun 2024.

Tentunya, pelaksanaan penyediaan tanah merupakan hal paling penting dalam pembangunan jalan tol guna mempercepat proses pembangunannya.

"Nah, sekitar Juni 2022 kita akan ekspose pencapaian penyediaan tanah di Gedung Sate bersama pihak Pemprov Jabar. Itu juga akan disesuaikan nantinya dengan alokasi pembiayaannya yang tersedia oleh pusat," tambah Ade.


Adapun saat ini, lanjut Ade, proses lelang pembangunan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap sedang dilaksanakan dalam tahap lelang investasi oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).

Jalan tol sepanjang 206,65 kilometer ini sejatinya diprakarsai oleh Konsorsium Jasa Marga bersama mitra strategisnya.

Diketahui nilai investasi tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap mencapai Rp 57,59 triliun.

Berdasarkan jadwal pelelangan, pemegang hak konsesi jalan tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap direncanakan dapat ditetapkan di kuartal III 2021. 

"Kalau pembangunan tol-nya ditargetkan tahun 2024 selesai," pungkasnya. 

https://regional.kompas.com/read/2021/11/19/183901878/pengadaan-tanah-untuk-tol-gedebage-tasikmalaya-cilacap-sampai-garut

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke