Salin Artikel

Gundul Setelah Hutan Pinus Ditebang, Tebing di Blitar Longsor Usai Diguyur Hujan Lebat

Longsor pertama dilaporkan terjadi di Desa Ampelgading, Kecamatan Selorejo. Akibatnya, jalan desa setempat yang melintasi area hutan pinus itu tertutup longsoran tanah.

Kepala Seksi Humas Polres Blitar Iptu Udiyono mengatakan, longsor terjadi pada tebing hutan pinus yang gundul karena penebangan yang dilakukan beberapa waktu lalu.

"Di area hutan pinus yang baru ditebang. Air mengalir ke jalan membawa material tanah hingga setinggi 40 centimeter," ujar Udiyono saat dikonfirmasi, Kamis malam.

Udiyono tidak menyebutkan pasti kapan penebangan itu dilakukan. Udiyono menambahkan, longsor terjadi sekitar pukul 15.30 WIB.

Menurutnya, upaya pembersihan material tanah di jalan tersebut selesai sekitar pukul 19.00 WIB. Jalan itu telah bisa dilalui kendaraan roda dua dan empat.

"Tapi potensi longsor di titik itu masih tinggi jika terjadi hujan lagi. Kami himbau warga waspada dan berhati-hati jika melintasi jalur tersebut," ujarnya.

Jalan desa ditutup

Peristiwa longsor juga dilaporkan terjadi di Desa Sidorejo, Kecamatan Doko, di wilayah kaki Gunung Kawi.

Longsor diperkirakan terjadi pukul 16.30 WIB dan menutup jalan yang menghubungkan Desa Sidorejo dan Desa Resapombo di kecamatan tersebut.

Udiyono mengatakan, pembersihan jalan dari material longsoran tanah sudah dilakukan, tetapi dihentikan sementara karena situasi gelap.

"Minim peralatan penerangan sehingga pembersihan jalan dihentikan, dan jalan sementara ditutup dengan garis polisi," ujarnya.

Menurutnya, pembersihan jalan akan dilakukan lagi besok pagi oleh personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah, warga, serta TNI dan Polri.

Sejak memasuki musim hujan, telah terjadi beberapa kali bencana longsor di wilayah Kecamatan Selorejo dan beberapa kecamatan di kaki Gunung Kawi dan Gunung Kelud di bagian utara Kabupaten Blitar. 

https://regional.kompas.com/read/2021/11/18/210525978/gundul-setelah-hutan-pinus-ditebang-tebing-di-blitar-longsor-usai-diguyur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke