Salin Artikel

Truk Tronton Tabrak 5 Mobil di Tanjakan Gentong Tasikmalaya, Sopir: Masuk Gigi 1, Rem Blong Saat Turunan

Kecelakaan beruntun tersebut membuat kemacetan panjang sampai wilayah Garut karena proses evakuasi membutuhkan waktu berjam-jam.

Turunan Gentong jika dari Arah Bandung-Tasikmalaya dan menanjak jika dari arah sebaliknya selama ini dikenal sebagai jalur ekstrem dan sering terjadi kecelakaan.

Terutama kendaraan berat pengangkut barang yang kerap tak bisa menaiki tanjakan Gentong dari Tasikmalaya ke Bandung serta turunan ekstrem berkelok-kelok jika pulang dari Bandung ke arah Tasikmalaya.

"Kendaraan yang terlibat kecelakaan beruntun ini awalnya ketika truk tronton menabrak 5 mobil di depannya yaitu BRV, APV, Carry Pikap, Sigra, dan Mobilio. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, dan beberapa orang korban hanya mengalami luka-luka ringan," jelas Kepala Unit Kecelakaan Lalu Lintas Polsek Kadipaten Polresta Tasikmalaya, Inspektur Satu Adang, Kamis siang.

Rem blong, sopir truk banting setir ke kanan agar tak masuk jurang

Sampai sekarang pihak Kepolisian sedang menyelidiki kasus kecelakaan beruntun tersebut usai proses pengangkatan mobil ke pinggir jalan.

Sampai sekarang arus lalu lintas ke Bandung-Tasikmalaya dan sebaliknya sudah kembali normal dan bisa dilalui kembali setelah sempat mengalami kemacetan.

"Saat rem blong pengakuan sopir tronton itu membanting setirnya ke kanan jalan. Soalnya kalau ke kiri jalan bisa terjun ke jurang dalam," tambahnya. 


Pengakuan sopir truk tronton

Sementara itu, sopir tronton Ubad (46), asal Garut mengatakan, kejadiannya terjadi sekitar pukul 02.00 WIB Kamis dini hari saat lalu lintas dari arah Bandung menuju Tasikmalaya sangat padat.

"Saat itu truk saya sempat berhenti di warung. Lalu melanjutkan perjalanan. Baru masuk gigi 1 tiba-tiba rem blong," kata dia.

Saat kejadian dirinya membawa mobilnya ke arah kanan yang di depannya banyak antrean kendaraan sedang menuruni tanjakan Gentong.

Soalnya, kalau diambil ke kirj jalan tentunya akan terbang ke jurang yang sangat dalam di kawasan ekstrem tanjakan Gentong yang berkelok-kelok.

"Iya, saya terpaksa menghantam lima mobil di depan karena mengambil ke kanan. Kalau ke kiri itu jurang Pak," pungkasnya. 

https://regional.kompas.com/read/2021/11/18/150902578/truk-tronton-tabrak-5-mobil-di-tanjakan-gentong-tasikmalaya-sopir-masuk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke