Salin Artikel

Data Korban Banjir di Sintang Tak Valid dan Sinkron, Ini Kendalanya

PONTIANAK, KOMPAS.com – Data korban terdampak banjir di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat (Kalbar) tidak valid dan sikron.

Hal tersebut karena terkendala jalur transportasi putus dan banyak blank spot.

“Praktis hanya transportasi sungai saja yang lancar, tentu menyulitkan, sedangkan sebaran wilayah sangat luas. Bayangkan, luas Kalbar itu 1,13 kali luas Pulau Jawa, ditambah kondisi infrastruktur yang tidak memadai,” kata Gubernur Kalbar Sutarmidji kepada wartawan, Kamis (18/11/2021).

Menurut Sutarmidji, pengumpulan data tidak bisa dilakukan dengan cepat. Padahal, data yang valid dan sikron dibutuhkan untuk penanganan bencana.

“Mungkin kita punya data, tapi siapa yang terdampak belum tentu kita bisa hitung dengan cepat. Ini jadi kendala juga, tapi hitungannya harus rasional, kalau pun tak bisa tepat, tapi rasional. Itu yang saya minta ke daerah,” ucap Sutarmidji.

Sebagai informasi, sudah hampir tiga pekan banjir melanda Kabupaten Sintang, Kalbar dan tak kunjung surut. Bahkan masih berpotensi hujan beberapa hari ke depan.

Di sisi lain, hasil pendataan, saat ini penyakit yang paling banyak di derita masyarakat terdampak banjir di Kabupaten Sintanf adalah insfeksi saluran pernapasan, myalgia, dermatitis, sindrom dispepsia (mag) dan hipertensi.

“Sekarang sudah mulai muncul kasus demam berdarah,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kalbar Harisson.

Menurut Harisson, pihaknya bersama Persatuan Dokter Spesialis Kulit Indonesia Kalbar dan Ikatan Dokter Anak Indonesia Kalbar telah melaksanakan pelayanan kesehatan di daerah terdampak banjir di Kabupaten Sintang.

“Pelayanan kesehatan menyasar ke pemukiman warga yang terdampak serta pos-pos pengungsian,” ujar Harisson.

Harisson menjelaskan, Dinkes Kalbar telah menerjunkan sekitar 20 orang tenaga kesehatan termasuk dokter spesialis yang juga dibantu oleh tenaga kesehatan dari Dinas Kesehatan Sintang.

Pelayanan Rabu (17/11/2021) dilakukan di Desa Mungguk Bantok Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang.

“Jumlah pasien 188 orang, dewasa 118 dan anak-anak 70 orang,” ucap Harisson.

https://regional.kompas.com/read/2021/11/18/132350178/data-korban-banjir-di-sintang-tak-valid-dan-sinkron-ini-kendalanya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke