Salin Artikel

Tol Serang-Panimbang Dibuka Gratis 2 Minggu, Kini Hanya 15 Menit ke Rangkasbitung

Sebelumnya tol tersebut sudah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Selasa kemarin.

Pembukaan jalan tol untuk masyarakat umum diawali oleh Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya yang melakukan tap in di Gerbang Tol Rangkasbitung untuk pertama kalinya.

Dengan demikian, jalan tol pertama di Banten Selatan ini sudah bisa dijajal oleh masyarakat mulai hari ini, Rabu, 17 November 2021. 

Direktur Wika Serang Panimbang (WSP) Mulyana mengatakan jalan tol tersebut digratiskan selama 14 hari sambil menunggu tarif resmi yang belum keluar.

"Ini kami saat ini sedang proses menunggu tarif, Insya Allah dalam waktu dekat bisa keluar, dua mingguan (gratis)," kata Mulyana di Gerbang Tol Rangkasbitung, Rabu.

Pangkas waktu perjalanan Serang-Rangkasbitung jadi hanya 15 menit

Usai seksi diresmikan, Mulyana mengatakan pihaknya saat ini tengah mengembut progres seksi 2 dan 3 hingga ke Panimbang.

Hingga saat ini, progres pembangunan seksi dua sudah mencapai 13 persen, sementara seksi 3 akan dilakukan awal pembangunan pada Januari 2022 mendatang.

Kedua seksi tersebut rencananya akan dibuka secara bersamaan pada 2023 mendatang.


Sejarah baru bagi Lebak

"Ini sejarah bagi Lebak, setelah Commuterline, Lebak kini semakin terkoneksi dengan Jakarta dan kota-kota, tidak lagi jadi wilayah pinggiran, Lebak kini jadi yang terdepan," kata Iti.

Iti berharap tol ini menjadi pemantik pertumbuhan ekonomi dan pariwisata di Lebak. Dia juga mengajak warga dari luar Lebak dan Banten untuk berinvestasi dan berwisata ke daerahnya.

"Bagi yang mau berkunjung Banten Selatan, Sawarna, Museum Multatuli, Baduy, Bagedur dan Kebun Teh Cikuya mari berkunjung ke Lebak cuma satu jam dari Jakarta," kata dia.

https://regional.kompas.com/read/2021/11/17/173809078/tol-serang-panimbang-dibuka-gratis-2-minggu-kini-hanya-15-menit-ke

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke