Salin Artikel

Terungkap, Ini Motif 2 Pria Bersenjata Golok dan Gergaji Duel di Tengah Jalan

KOMPAS.com - Setelah polisi mengamankan dua pria yang berduel di tengah Jalan Juanda, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, dengan menggunakan senjata tajam golok dan gergaji, fakta demi fakta mulai terungkap. Ternyata, perkelahian itu dipicu perebutan lahan warung.

"Hasil pemeriksaan kedua belah pihak, motifnya terkait perebutan lahan warung. Kedua pelaku mengklaim lahah sebuah warung, maka terjadi keributan tersebut," kata Kasat Reskrim Polresta Tasikmalaya AKP Agung Tri Poerbowo kepada Kompas.com, Selasa (16/11/2021) malam.

Kata Agung, dua pria yang duel di tengah jalan itu antara sebuah padepokan silat dan warga setempat. 

"Pihak pertama dari sebuah padepokan silat dan pihak kedua dari warga sekitar Kelurahan Setiarasa, Kecamatan Indihiang, Kota Tasikmalaya," ungkapnya.

Sepakat berdamai

Usai kejadian itu, kata Agung, kedua pihak sepakat untuk berdamai. Perdamaian itu dilakukan di hadapan Kapolresta Tasikmalaya AKBP Ashari Kurniawan.

Mereka, sambung Agung, berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya.

"Kalau islah, sudah dan sepakat berdamai. Kalau nanti kasus hukumnya, kita lihat perkembangannya ke depan sesuai perjanjian perdamaian dan islah tersebut," ungkapnya.

Hal senada dikatakan Kapolresta Tasikmalaya AKBP Ashari Kurniawan yang mengatakan, keduanya sepakat berdamai alias islah.

"Jadi dengan kejadian ini masing-masing pihak memahami bahwa tadi peristiwa yang harus diproses secara hukum. Oleh karena itu, Polresta Tasikmalaya tetap melaksanakan proses hukum. Namun demikian, kita juga mengakomodir bilamana kedua belah pihak berupaya untuk menyelesaikan secara damai. Sekarang sudah sepakat islah," jelas Aszhari kepada Kompas.com di kantornya, Rabu (17/11/2021).

Saat dipertemukan, lanjut Aszhari, diketahui bahwa kedua orang yang duel itu adalah perwakilan dari masing-masing kelompok memperebutkan sebuah lahan yang dinilai sebagai ladang rezekinya.

"Dan Alhamdulillah pada kesempatan tadi kedua belah pihak sepakat untuk melaksanakan perdamaian atau islah. Baik antar kedua orang yang duel maupun kelompok-kelompok yang ada di belakangnya sepakat berdamai," ujarnya.

Aszhari pun meminta kepada semua pihak yang berkaitan dengan kedua kelompok tersebut dapat menahan diri agar tidak menimbulkan keresahan masyarakat.

Namun, apabila ke depannya terulang lagi, maka pihaknya tidak akan segan-segan untuk menindak tegas para pelaku.

Ia pun meminta kepada masyarakat untuk tidak terpancing denga isu-isu yang tidak benar.

"Diharapkan masyarakat khususnya Kota Tasikmalaya tidak terpancing oleh isu-isu tak benar yang akan timbul dikemudian hari. Apalagi saat ini masih Covid-19," ujarnya.

 

(Penulis : Kontributor Tasikmalaya, Irwan Nugraha | Editor : Aprillia Ika, Abba Gabrillin)

https://regional.kompas.com/read/2021/11/17/173152378/terungkap-ini-motif-2-pria-bersenjata-golok-dan-gergaji-duel-di-tengah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke