Salin Artikel

Eceng Gondok yang Tutup Permukaan Danau Tondano Bakal Diberantas

Bupati Minahasa Royke Octavian Roring mengatakan, akan berkoordinasi dengan Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dalam menjalankan upaya pemberantasan eceng gondok.

Pemerintah Kabupaten Minahasa disebutnya butuh dukungan dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan pemerintah pusat untuk memelihara kawasan Danau Tondano.

Pemerintah Kabupaten Minahasa saat ini butuh bantuan untuk menyediakan perahu dan ekskavator guna membersihkan enceng gondok di perairan Danau Tondano.

"Semoga usulan kami bisa diterima dan diusulkan dalam APBN," kata Royke di Manado, Rabu (17/11/2021), seperti dilansir Antara.

Di samping mendatangkan manfaat, enceng gondok bisa menimbulkan dampak negatif bagi keberlangsungan ekosistem di danau bila pertumbuhannya tidak terkendali.

Pertumbuhan masif tumbuhan invasif yang toleran dengan berbagai keadaan lingkungan itu akan mengganggu pertumbuhan ikan. 

Selain itu, tanaman ini juga bisa menyebabkan pendangkalan wilayah perairan dan menghambat lalu lintas sarana transportasi air.

https://regional.kompas.com/read/2021/11/17/104603778/eceng-gondok-yang-tutup-permukaan-danau-tondano-bakal-diberantas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke