Salin Artikel

Polda NTB Harap Penonton WSBK Pakai Bus yang Disediakan Dishub Menuju Sirkuit Mandalika

Bus yang disediakan Dinas Perhubungan itu akan mengantarkan para penonton menuju Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, NTB.

"Kami harap penonton WSBK tidak menggunakan kendaraan umum atau milik pribadi, dan lebih memilih menggunakan sarana transportasi yang sudah disiapkan Dinas Perhubungan setempat," kata Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto di Mataram seperti dikutip dari Antara, Selasa (16/11/2021).

Menurut Artanto, terdapat 97 shuttle bus yang disediakan Dinas Perhubungan untuk mengangkut para penonton menuju Sirkuit Mandalika.

Para penonton bisa mengakses bus itu dari lima pintu masuk wilayah NTB, yakni Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid, eks Bandara Selaparang, Pelabuhan Kayangan, Pelabuhan Lembar, dan Pelabuhan Bangsal.

Artanto menambahkan, sebanyak lima bus shuttle disediakan di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madji, 25 unit di Pelabuhan Lembar, 26 unit di Pelabuhan Kayangan, 16 unit di Pelabuhan Bangsal, dan 25 unit di eks Bandara Selaparang Mataram.

"Fasilitas gratis ini hanya bisa diakses oleh pemilik tiket WSBK," ujarnya.

Selain menyediakan shuttle bus, pemerintah juga menyiapkan alternatif lain berupa alat sewa angkut (ASK) hasil kerja sama dengan Organisasi Angkutan Darat (Organda) setempat berjumlah 450 unit.

"Jadi kalau bus angkut gratis tidak ada atau mereka sedang beroperasi di jalan, ada ASK yang disiapkan dengan standar harga yang sudah ditentukan Dinas Perhubungan," ucap dia.

Menekan kemacetan

Artanto menambahkan, imbauan itu disampaikan untuk menekan kemacetan di sepanjang jalur menuju Sirkuit Mandalika.

Polda NTB belajar dari peristiwa pada akhir pekan lalu. Saat Presiden Joko Widodo meresmikan Sirkuit Mandalika, lalu lintas menuju sirkuit pun macet.

Kemacetan juga terjadi saat latihan dan kualifikasi Asia Talent Cup (ATC) 2021. Termasuk mengurangi tingkat kemacetan saat arus kepulangan.

"Ada hiburan yang disiapkan usai ajang balap, seperti pertunjukan musik dan kuliner. Dengan adanya hiburan itu diharapkan bisa meminimalisir pergerakan masyarakat yang balik secara serentak," kata Artanto.

https://regional.kompas.com/read/2021/11/16/225853678/polda-ntb-harap-penonton-wsbk-pakai-bus-yang-disediakan-dishub-menuju

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke