Salin Artikel

BPBD Trenggalek Minta Warga di 10 Kecamatan Waspadai Potensi Longsor

Puluhan desa yang berpotensi longsor itu berada di wilayah perbukitan.

"Secara keseluruhan ada banyak titik krusial rawan longsor yang harus diwaspadai sejak sekarang," kata Sekretaris BPBD Trenggalek, Tri Puspita Sari di Trenggalek, seperti dikutip dari Antara, Selasa (16/11/2021).

Selain potensi curah hujan dengan intensitas tinggi seperti yang disampaikan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Tri Puspita merujuk data sebaran kasus longsor yang terjadi pada tahun sebelumnya.

Tri Puspita menjelaskan, 10 kecamatan yang memiliki titik rawan longsor adalah Watulimo, Tugu, Trenggalek, Pule, Panggul, Munjungan, Kampak Durenan, Dongko, dan Bendungan.

Kabupaten Trenggalek memiliki 152 desa dan lima kelurahan yang tersebar di 14 kecamatan.

Dari 45 desa tersebut, paling banyak terletak di Kecamatan Pule, dengan total 10 desa.

Di Kecamatan Pule, titik rawan longsor terletak di Desa Joho, Jombok, Karanganyar, Kembangan, Pakel, Kembangan, Pule, Sidomulyo, Sukokidul, dan Tanggaran.

"Berdasarkan informasi dari BMKG sebenarnya saat ini Pulau Jawa khususnya Trenggalek belum memasuki musim penghujan. Namun ada beberapa kabupaten yang berpotensi terjadi hujan namun bersifat lokal," katanya.

Sejumlah langkah BPBD Trenggalek

BPBD Trenggalek telah mengambil sejumlah langkah untuk meminimalkan risiko bencana. Seperti memberi beronjong kepada desa rawan longsor, mengajukan anggaran rehabilitasi dan rekonstruksi kerusakan akibat bencana ke BNPB dan BPBD provinsi, dan meningkatkan edukasi serta sosialisasi kepada masyarakat.

"Yang lebih penting meningkatkan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat di daerah rawan bencana dengan pembentukan Destana (Desa Tangguh Bencana), dan juga pembentukan Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) dan pemasangan rambu jalur evakuasi," katanya.

Mengacu evaluasi yang dilakukan BPBD bersama tim reaksi cepat atau relawan tiap tiga bulan sekali, banjir atau longsor di Trenggalek terjadi akibat curah hujan tinggi di pegunungan.

"Untuk itu, koordinasi semua pihak termasuk peran serta masyarakat sangat dibutuhkan untuk penanggulangan bencana," kata Tri Puspita.

https://regional.kompas.com/read/2021/11/16/220144878/bpbd-trenggalek-minta-warga-di-10-kecamatan-waspadai-potensi-longsor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke