Salin Artikel

10 Jam Diguyur Hujan, 4 Rumah di Probolinggo Rusak Tertimpa Longsor

Akibat longsor tersebut, bangunan depan rumah warga rusak parah, atap dan tembok rumah ambrol.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo melakukan asesmen di lokasi bencana pada Selasa (16/11/2021) pukul 11.00 WIB. 

Menurut Supervisor Pusdalops BPBD Kabupaten Probolinggo Aries Setyawan, longsor yang terjadi akibat hujan intensitas sedang-deras mulai pukul 09.00-19.00 WIB. Sehingga, plengsengan tidak kuat menahan beban dan tanah pun longsor.

"Beruntung tidak ada korban dalam bencana longsor ini. BPBD memberikan bantuan berupa empat lembar terpal, dua kardus makanan siap saji dan 100 glangsing (karung)," kata Aries saat dihubungi Kompas.com, Selasa.

BPBD lalu mendatangkan satu mobil tim reaksi cepat untuk membersihkan material longsor. 

Sementara itu, Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi memerintahkan Kasat Sabhara Polres Probolinggo AKP Ahmad Jayadi memberikan bantuan kepada pemilik rumah yang terdampak longsor.

Bantuan sembako itu berisi beras, mie instan, minyak goreng, minuman ringan, pakaian, dan alat shalat. Bantuan itu telah diserahkan langsung kepada keempat pemilik rumah.

"Kami ingin mengetahui kondisi para korban tanah longsor sembari memberikan bantuan berupa sembako untuk meringankan beban para korban tanah longsor," ujar Jayadi.

Polisi juga bekerja sama dengan TNI dan warga setempat membersihkan material longsor. 

Berdasarkan keterangan warga, tempat tinggal mereka tertimpa tanah akibat tanggul setinggi empat meter dengan panjang 25 meter jebol karena tidak dapat menahan derasnya curah hujan pada Senin sore.

Kondisi terkini, sebagian material tanah longsor itu sudah dibersihkan oleh para relawan.

https://regional.kompas.com/read/2021/11/16/201800178/10-jam-diguyur-hujan-4-rumah-di-probolinggo-rusak-tertimpa-longsor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke