Salin Artikel

PP Muhammadiyah Serukan agar Masyarakat Tahan Diri untuk Rayakan Tahun Baru

Meski kondisi di Indonesia kini sudah lebih baik, tapi masyarakat dianggap harus ikut berperan dalam menjaga agar pandemi tidak memburuk.

Salah satu yang diharapkan PP Muhammadiyah dari masyarakat secara umum adalah kemauan bersama untuk tidak larut dalam masa libur pergantian tahun sehingga mengabaikan penerapan protokol kesehatan.

Apalagi, lonjakan Covid-19 biasanya terjadi setelah masa libur panjang.

"Ini penting sekali ada atau tidak misal larangan pemrintah Desember dan tahun baru, kita warga bangsa bangun kesadaran disiplin. Kami paham masyarakat komunal senang kumpul tapi tahan sampai kondisi jadi lebih baik," kata Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir di Kantor PP Muhammadiyah, Yogyakarta, Selasa (16/11/2021).

Masyarakat diminta sadar, untuk sampai dalam kondisi ini sudah banyak orang yang menjadi korban.

Karena itu, sangat disayangkan jika jumlah kasus aktif Covid-19 kembali melonjak.

Kendati demikian, masyarakat diminta tetap menjaga semangat optimisme.

Menurut Haedar, optimisme bisa menjadi modal besar bagi Indonesia untuk mengakhiri pandemi sehingga dapat menjalani kehidupan baru.

"Optimisme itu disertai ilmu dan kewaspadaan agar situasi yang mulai membaik. Kita alhamdulillah sampai pada angka sekitar 7 persen (perbandingan jumlah kasus Covid-19 dengan populasi) kasus dibanding rata-rata dunia yang 23 persen," kata Haedar.

"Tetapi hati-hati kondisi bagus ini jika warga bangsa kita lengah dan tidak disiplin, kita tidak berharap, malah bertambah kembali," kata dia.


Berdasarkan keinginan agar situasi tidak memburuk, PP Muhammadiyah juga telah memutuskan untuk kembali memperingati miladnya pada tahun ini secara daring dan luring dengan protokol kesehatan ketat.

Peringatan luring yang berlangsung di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dibatasi jumlah pesertanya.

Warga Muhammadiyah yang tidak mendapat kesempatan memperingati Milad Muhammadiyah secara luring diminta menyaksikannya lewat TV Mu, YouTube Muhammadiyah Channel, serta platform resmi Muhammadiyah lainnya.

Dalam acara tersebut bakal ada sambutan dari Presiden Joko Widodo hingga penyerahan penghargaan untuk pegiat persyarikatan pejuang Covid-19 yang telah berjasa di masa pandemi.

https://regional.kompas.com/read/2021/11/16/145951578/pp-muhammadiyah-serukan-agar-masyarakat-tahan-diri-untuk-rayakan-tahun-baru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke