Salin Artikel

38 Daerah di Jatim Siaga Banjir, BMKG Imbau Warga Waspada

SURABAYA, KOMPAS.Com - Sebanyak 38 daerah di Jawa Timur memasuki level siaga banjir berdasarkan hasil perkiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda.

Kasi Data dan Informasi BMKG Juanda Teguh Tri Susanto menyampaikan, perkiraan cuaca seluruh daerah di Jatim saat ini sedang memasuki musim hujan.

Dengan demikian, seluruh masyarakat diminta agar waspada terhadap kondisi cuaca ekstrem.

"Peringatan dini tiga harian cuaca di Jatim yang dibuat menyebutkan semua daerah di Jatim potensi banjirnya masuk level siaga karena intensitas hujan sedang hingga lebat, bahkan disertai angin dan petir akan terjadi," kata Teguh saat dikonfirmasi, Selasa (16/11/2021).

Teguh menegaskan bahwa dua hari terakhir di Jatim hujan hanya mengguyur bagian tengah dan utara, tetapi dengan fonemena La Nina nyaris semua daerah harus siaga.

Oleh sebab itu, Teguh berharap semua pemerintah daerah (pemda) setempat ikut meningkatkan kesiagaan dan berperan aktif untuk mengantisipasi cuaca yang mulai ekstrem.

"Segala upaya antisipasi bisa dilakukan, bisa disosialisasikan agar masyarakat paham dan ikut meningkatkan kesiapsiagaannya," papar dia.

Dia juga berharap semua masyarakat di Jatim tetap waspada terhadap cuaca ekstrem, dan jangan sampai termakan informasi yang bersifat hoaks atau bohong.

"Masyarakat bisa melihat update informasi cuaca Jawa Timur di website resmi kami dan media sosial Instagram yang selalu kami informasikan sebagai peringatan dini," pungkas dia.

https://regional.kompas.com/read/2021/11/16/102653978/38-daerah-di-jatim-siaga-banjir-bmkg-imbau-warga-waspada

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke