Salin Artikel

Capaian Vaksinasi di Banjarnegara Masih di Bawah 50 Persen, Ganjar: Lakukan Lebih Masif Lagi

SEMARANG, KOMPAS.com - Kabupaten Banjarnegara disebut satu-satunya daerah yang capaian vaksinasinya masih belum mencapai 50 persen di Jawa Tengah.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengatakan capaian target vaksinasi di Kabupaten Banjarnegara masih rendah dikarenakan saat memulai terbilang lambat.

Maka dari itu sekarang diminta melakukan percepatan untuk mengejar ketertinggalan.

"Banjarnegara itu penyebabnya dulu start agak lambat. Maka sekarang kita gaspol. Ternyata Plt Bupatinya oke banget dan dikerahkan semuanya bahkan sampai malam dan libur pun berjalan. Hasilnya sudah kelihatan, kita tinggal bantu percepatan. Dia harus menebus keterlambatan yang dulu. Itu saja," jelas Ganjar di kantornya, Senin (15/11/2021).

Ganjar juga meminta 10 daerah di Jawa Tengah untuk mengejar target vaksinasi untuk lansia karena capaiannya masih di bawah 40 persen.

Kesepuluh daerah tersebut meliputi Jepara, Pemalang, Kabupaten Tegal, Kabupaten Pekalongan, Purbalingga, Pati, Batang, Banjarnegara, Blora, dan Kudus.

"Masih ada sekitar 10 kabupaten/kota yang belum 50 persen untuk lansia, masih di bawah 40 persen. Kesepuluh daerah itu kita minta mengejar untuk yang lansia dan melakukan percepatan. Stok vaksin kita sekarang banyak banget. Silakan lakukan serangan yang lebih masif lagi. Mudah-mudahan dua hari ini bisa selesai," kata Ganjar.

Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah Yulianto Prabowo mengatakan Kabupaten Banjarnegara itu target sehari seharusnya bisa mencapai 11.685.

Namun berdasarkan data sebelum tanggal 11 November 2021 hanya mampu menyuntikkan vaksin sebanyak 2.000 sampai 3.000

"Sebelum dilakukan percepatan itu cuma bisa 2 ribu sampai 3 ribu per hari. Sejak tanggal 11 November mulai naik jadi 8 ribu per hari, lalu pada tanggal 12, 13, dan 14 November sudah bisa di atas 16 ribu per hari. Kalau bisa konsisten seperti ini justru akhir tahun Banjarnegara sudah selesai vaksinnya," katanya.

https://regional.kompas.com/read/2021/11/15/235341978/capaian-vaksinasi-di-banjarnegara-masih-di-bawah-50-persen-ganjar-lakukan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke