Salin Artikel

Ganjar Pranowo: Halah, Urusan Masih Jauh. Dukung Mendukung Apa?

KOMPAS.com - Pernyataan Wakil Ketua Umum Partai Golongan Karya (Golkar) Nurdin Halid soal peluang mendukung Ganjar Pranowo di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 menuai tanggapan.

Salah satunya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang memilih tak menanggapinya dengan serius.

"Halah orang urusan masih jauh gitu kok. Dukung mendukung, rebut merebut opo?" jelas Ganjar ditemui di kantornya, Senin (15/11/2021).

Selain itu, kepada wartawan, Ganjar juga menegaskan tidak akan pindah ke partai lain dan tetap setia dengan PDI-P.

"Enggak, enggak, saya tetap PDI-P," tambahnya.

Pernyataan Waketum Golkar Nurdin Halid

Seperti diketahui, mantan Ketua Umum PSSI tersebut menjelaskan, Partai Golkar hanya butuh satu partai koalisi untuk memenuhi ambang batas pencalonan presiden.

Selain PDI-P, kata Nurdin, partai-partai lain harus berkoalisi lebih dari satu partai jika ingin mencapai ambang batas tersebut.

Hal itu, menurut Nurdin, membuka peluang Partai Golkar untuk mengusung Ganjar. Nurdin bahkan menyebutkan, Golkar bisa jadi "rumah baru" bagi Gubernur Jateng tersebut.

"Dari exercise itu kita sudah bisa meliat siapa yang mulus jadi capres dan siapa yang tidak mulus menjadi capres atau banyak duri-duri dia harus cabut-cabut dulu," ujar Nurdin di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (11/11/2021).

Namun demikian, mantan Ketua PSSI itu tak menjelaskan secara gamblang apakah Ganjar maju sebagai presiden atau wakil presiden.

"Nanti kalau misalnya Ganjar tidak mendapat tempat di partainya, ada Golkar terbuka. Apakah nomor satu atau nomor dua, itu soal nanti, kan Pak Airlangga tidak mungkin maju sendiri, pasti ada wakil," katanya.

(Penulis: Kontributor Semarang, Riska Farasonalia | Editor: Khairina)

https://regional.kompas.com/read/2021/11/15/190224678/ganjar-pranowo-halah-urusan-masih-jauh-dukung-mendukung-apa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke