Salin Artikel

Tol Serang-Panimbang Seksi I Besok Diresmikan Jokowi, Sudah Miliki Sertifikat Laik Operasi

Peresmian jalan tol sepanjang 36,5 kilometer itu setelah mendapatkan sertifikat laik operasi (SLO) dari Direktorat Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Sertifikat Laik Operasi sudah terbit

Direktur Utama PT Wijaya Karya Serang-Panimbang Mulyana mengatakan, serifikat laik operasi sudah diterbitkan oleh Kementrian PUPR pada tanggal 12 November 2021 kemarin.

Adapun peresmian jalan tol yang menjadi salah proyek strategis nasional (PSN) tersebut direncanakan akan digelar pada Selasa, besok.

"Sertifikat Laik Operasi sdh diterbitkan oleh Kementerian PUPR. Agenda besok (peresmian) sedang koordinas dengan Kementerian PUPR," kata Mulyana kepada Kompas.com melalui pesan. Senin (14/11/2021).

Serang ke Rangkasbitung hanya 20 menit pakai tol

Menurut Mulyana, diresmikannya Seksi I Jalan Tol Serang - Panimbang akan membuka konektivitas baru bagi masyarakat Banten untuk dari dan menuju Serang - Rangkasbitung.

Pengguna jalan akan menempuh waktu dari Serang ke Rangkasbitung, Lebak hanya 15-20 menit.

Saat ini, pihaknya juga juga sedang melaksanakan proses konstruksi untuk Seksi Il Tol Serang - Panimbang (Rangkasbitung - Cileles) sepanjang 24,1 KM.

"Kini progresnya mencapai 13,21persen dan diharapkan pengerjaan Seksi Il ini diharapkan dapat selesai bersamaan dengan penyelesaian Seksi III ruas Cileles - Panimbang pada akhir tahun 2023 mendatang," ujar Mulyana.

Dukung KEK Tanjung Lesung

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit saat dikonfirmasi Kompas.com membenarkan bahwa jalan tol Serang Panimbang seksi satu sudah mendapatkan SLO.

"Iyah sudah (mendapatkan SLO), untuk peresmiannya tinggal menunggu kepastian dari Setpres," kata Danang.

Untuk diketahui, pembangunan Jalan Tol Serang - Panimbang untuk mendukung pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Lesung.

Sehingga, akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di wilayah Banten Tengah dan Banten Selatan yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.


Polda siapkan pengamanan kedatangan Jokowi

Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto mengatakan, untuk pengamanan kunjungan Presiden Joko Widodo di Kecamatan Cibadak, Kabupaten Lebak pada Selasa (16/11/2021) besok sudah disiapkan.

"Memastikan kunjungan Presiden Jokowi berjalan aman, Polda Banten pagi ini mengadakan rapat internal membahas persiapan pengamanan yang dibutuhkan dalam kunjungan Presiden Jokowi ke Lebak," kata Rudy melalui keterangan resminya.

Rudy memastikan, personel dan peralatan untuk mendukung rencana pengamanan yang sudah disusun sudah dikordinasikan dengan TNI dan pemangku kebijkan lainnya.

"Polda Banten mempersiapkan personel dan sumber daya lainnya untuk hadapi kontijensi dari faktor alam saat pengamanan kunjungan Presiden Jokowi," ujar Rudy

https://regional.kompas.com/read/2021/11/15/135206878/tol-serang-panimbang-seksi-i-besok-diresmikan-jokowi-sudah-miliki

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke