Salin Artikel

Kali Lamong Kembali Meluap, 6 Desa di Gresik Terendam Banjir

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gresik Tarso Sugito mengatakan,  luapan air Kali Lamong kali ini dipengaruhi oleh intensitas hujan tinggi.

"Akibat curah hujan tinggi yang terjadi kemarin, sehingga Kali Lamong kembali meluap," ujar Tarso, Senin.

Dari pantauan BPBD Gresik hingga pukul 09.10 WIB, empat desa di Kecamatan Balongpanggang yang dilanda kebanjiran meliputi, Desa Banjaragung, Balongpanggang, Kedungpring dan Pucung.

Sementara di Kecamatan Benjeng, daerah terdampak kebanjiran berada di Desa Sedapurklagen dan Deliksumber.

"Genangan air di jalan lingkungan Desa Lundo di Kecamatan Benjeng, sudah terpantau surut," ucap Tarso.

Sementara di Desa Sedapurklagen, sebanyak 20 rumah warga terendam.

Jalan lingkungan tergenang air setinggi 20 hingga 30 sentimeter sepanjang 300 meter, jalan poros desa sepanjang 400 meter terendam air setinggi 20 sampai 40 sentimeter, dan juga area persawahan sekitar 40 hektar.

Adapun di Desa Deliksumber, dampak banjir membuat jalan lingkungan terendam sepanjang 300 meter dengan ketinggian air mencapai 20 hingga 40 sentimeter.

Sedangkan jalan poros desa yang terendam sepanjang 50 meter dengan ketinggian air 10 hingga 25 sentimeter, dengan air juga turut merendam halaman sekolah dasar di Desa Deliksumber.

"Kalau di Kecamatan Balongpanggang, di Desa Banjaragung itu ada sepuluh rumah yang tergenang. Jalan lingkungan sepanjang 400 meter dan sawah 2 hektar," kata Tarso.

Sementara di Desa Kedungpring, kendati genangan air yang ada di jalan lingkungan sudah surut, namun air masih merendam jalan poros desa sepanjang 150 meter dengan ketinggian 10 hingga 30 sentimeter.

Di Desa Pucung, sepanjang 300 meter jalan poros desa tergenang dengan ketinggian air 20 sampai 60 sentimeter.

Untuk Desa Balongpanggang sendiri, air menggenangi jalan lingkungan sepanjang 50 meter dengan ketinggian 10 sampai 20 sentimeter, serta jalan poros desa sepanjang 100 meter dengan ketinggian 20 hingga 30 sentimeter.

Adapun di Dusun Banci di Desa Balongpanggang, air menggenangi jalan lingkungan sepanjang 100 meter dan jalan poros desa sekitar 250 meter.

https://regional.kompas.com/read/2021/11/15/130942778/kali-lamong-kembali-meluap-6-desa-di-gresik-terendam-banjir

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke