Salin Artikel

Satu Siswa SD di Kota Yogyakarta Tertular Covid-19 Klaster Takziah Bantul

KOMPAS.com - Seorang siswa sekolah dasar (SD) di Kota Yogyakarta terpapar Covid-19 dari klaster takziah di Kapanewon Sedayu, Bantul.

Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengatakan, siswa tersebut tertular dari kakaknya.

"Klaster Sedayu ada yang masuk ke Kota Yogyakarta, alhamdulillah tidak menyebar, dia tertular dari kakaknya. Keluarganya di sana, dan anak itu sekolah di SD di Kota Yogyakarta," ujarnya, Minggu (14/11/2021).

Menurut Heroe, siswa itu sempat mengikuti pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas selama dua hari.

Atas temuan tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta melakukan testing yang menyasar teman-teman sekelas siswa itu.

Orang-orang yang berkontak erat dengan siswa tersebut juga dites.

"Total kami melakukan skrining ke 19 orang, hasilnya alhamdulillah negatif semua. Yang kita skrining teman satu kelas dan beberapa kontak erat," ucap Heroe di kantor Wali Kota Yogyakarta, Kompleks Balai Kota Yogyakarta.

Sebelumnya, klaster takziah ini telah menyebar ke sejumlah kabupaten di Provinsi DIY, yakni Sleman, Kulon Progo, dan Gunung Kidul.

Ia menerangkan, skrining acak di lingkungan sekolah sudah dilakukan beberapa kali oleh Pemkot Yogyakarta.

"Tes acak ini hampir semua sekolah, ini sedang dikondisikan jadwalnya karena hampir bersamaan dengan rancangan vaksinasi anak di bawah 11 tahun karena sama-sama melibatkan banyak orang," tuturnya.

Selain di lingkungan sekolah, skrining acak juga menyasar pekerja kantor, khususnya di lingkungan Pemkot Yogyakarta yang bertugas di sektor pelayanan publik.

"Kita lakukan skrining di perkantoran, jadi beberapa perkantoran yang tingkat mobilitas tinggi kita skrining. Termasuk juga para petugas di lapangan kita skrining," ungkapnya.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Kontributor Yogyakarta, Wisang Seto Pangaribowo; Kontributor Yogyakarta, Markus Yuwono | Editor: Teuku Muhammad Valdy Arief)

https://regional.kompas.com/read/2021/11/15/114952478/satu-siswa-sd-di-kota-yogyakarta-tertular-covid-19-klaster-takziah-bantul

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke