Salin Artikel

Video Viral Warga NTT Arak Patung Jokowi Seberat 700 Kg dengan Tinggi 3,5 Meter ke Puncak Bukit

Video itu diunggah oleh diunggah di akun Instagram El Ndjukambani, @el.bastel.

Dalam video itu, terlihat warga dari semua usia dan gender, menarik patung seberat 700 kilogram dengan tinggi 3,5 meter, menuju puncak bukit yang berjarak sekitar dua kilometer.

Warga meletakan patung Jokowi yang mengenakan busana adat Amanatun, TTS itu dia atas kayu dengan empat roda sebagai penggerak.

Sambil berjalan menuju puncak bukit, warga terlihat bersorak sorai.

Kepala Seksi Promosi Pariwisata Dinas Pariwisata Kabupaten TTS El Njukambani, mengatakan, kegiatan itu berlangsung pada Rabu (10/11/2021) lalu, bertepatan dengan Hari Pahlawan.

El menyebut, patung itu diarak melalui jalur pendakian terjal menuju puncak bukit Sunu yang memiliki ketinggian 1.074 meter di atas permukaan laut.

El menuturkan, warga mengarak patung Jokowi sebagai bentuk semangat dalam merayakan Hari Pahlawan, sekaligus sebagai bentuk apresiasi kepada orang nomor satu di Indonesia itu.

"Kegiatan ini juga sebagai bentuk penghargaan dari masyarakat Sunu terhadap Presiden Jokowi karena pada saat upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan pada 2020 lalu, Pak Jokowi mengenakan busana adat mereka," ujar El, kepada Kompas.com, Minggu (14/11/2021).

Warga juga, lanjut El, menginginkan agar ke depan tempat mereka bisa dijadikan sebagai lokasi wisata, dengan keberadaan patung Jokowi.


Patung tersebut dibuat di Bali. Peletakan pertama pembangunan patung itu telah dilaksanakan sebelumnya oleh Bupati TTU Epy Tahun pada 30 Oktober 2021 lalu, sebagai langkah awal pembangunan fisik.

"Ini merupakan wujud kolaborasi aktif antara pemerintah daerah dengan masyarakat Desa Sunu," ujar El.

"Patung ini mungkin berukuran kecil dan sederhana, tapi nilai penghargaan terhadap sang pemimpin, serta semangat membangun dari pelosok negeri, kiranya menginspirasi Indonesia," sambung dia.

Warga Sunu, kata El, ingin wilayahnya nantinya menjadi tujuan agrowisata.

Sehingga, lanjut El, warga Desa Sunu berharap, pemerintah pusat, dan pemda memberi perhatian mereka untuk meneruskan proyek mereka ini.

El mengatakan, patung tersebut saat ini belum sampai di puncak, karena hujan deras, sehingga akan dilanjutkan jika kondisi cuaca sudah cerah. 

https://regional.kompas.com/read/2021/11/14/114442278/video-viral-warga-ntt-arak-patung-jokowi-seberat-700-kg-dengan-tinggi-35

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke