Salin Artikel

Lagi, 19 Kasus Covid-19 Ditemukan pada Anak Usia Pelajar di Kulon Progo

KULON PROGO, KOMPAS.com – Pelajar terkonfirmasi Covid-19 kembali bertambah. Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, melaporkan sebanyak 19 kasus Covid-19 lagi-lagi ditemukan pada anak usia pelajar di kabupaten ini.

Mereka anak usia 8-17 tahun yang berasal dari lima kapanewon (kecamatan), seperti Wates, Panjatan, Sentolo, Girimulyo dan Nanggulan. Penderita tidak bergejala atau OTG.

“Ini situasi Covid-19 pada hari ini 12 November 2021. Hasil skrining. Semuanya isolasi mandiri,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulon Progo, TH Baning Rahayujati dalam pesan singkat bersama sejumlah data penularan harian, Jumat (12/11/2021).

Kasus Covid-19 pada kalangan usia pelajar terus terungkap sejak Gugus Tugas menggelar tes acak PCR di sekolah-sekolah.

Tes berlangsung sejak awal pekan menargetkan 5.737 sasaran dari ratusan sekolah. Sasaran tes adalah pelajar maupun tenaga pendidik.

Tes acak sudah dilakukan pada 955 sasaran dari 25 sekolah, yakni empat setingkat SLTA, tiga setingkat SLTP dan 18 setingkat SD. Total penderita mencapai 42 kasus positif Covid-19 sampai saat ini.

Baning mengungkapkan, tes acak merupakan surveilans untuk mendeteksi dini penularan Covid-19 selama pelaksanaan PTM. Dengan demikian, bila ditemukan penderita maka penanganannya akan lebih cepat sebelum membesar.

Temuan menentukan langkah sekolah terkait selanjutnya. Jika positivity rate di sekolah di atas 5 persen, maka PTM wajib ditutup selama dua pekan. Kebijakan berbeda diberikan bila positivity rate di bawah regulasi.

Saat ini, 5 sekolah di Kulon Progo menghentikan PTM karena positivity rate lebih dari lima persen. Sedangkan tiga sekolah yang menghentikan PTM di kelas yang terdapat kasus Covid-19.

“Sebanyak 17 sekolah tetap melanjutkan PTM,” kata Baning.

https://regional.kompas.com/read/2021/11/12/182721878/lagi-19-kasus-covid-19-ditemukan-pada-anak-usia-pelajar-di-kulon-progo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke