Salin Artikel

Video Viral Helikopter Terbang Rendah di OKU Timur, Ini Penjelasan TNI

Narasi dalam video itu menjelaskan bahwa lokasinya berada di Kecamatan Martapura, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan.

Selain itu, disebutkan bahwa helikopter yang terbang rendah tersebut menyebabkan satu unit bangunan warung pempek yang berada di Jalan Lintas Sumatera mengalami rusak berat akibat diterpa angin kencang dari baling-baling helikopter.

Selain itu, pihak helikopter disebutkan bersedia bertanggung jawab untuk mengganti semua kerugian yang dialami oleh pemilik bangunan.

Dalam cuplikan video tersebut juga terlihat anak-anak berlarian ketika helikopter itu terbang rendah.

Atap bangunan yang ada di sekitar helikopter hingga beterbangan karena angin kencang.

Penjelasan TNI

Komandan Satuan Penugasan (Dansatgas) Penerangan Latihan Antar Kecabangan (Ancab) TNI Angkatan Darat (AD) Kapten CHB Mayang Seto Permono mengatakan, kejadian tersebut diperkirakan bukan terjadi di OKU Timur.

Bahkan, video tersebut diduga merupakan rekaman lama.

Saat ini, Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) di Martapura, Kabupaten OKU Timur, sedang melakukan latihan yang dimulai sejak 3 November dan berakhir pada 20 November 2021.

“Kayaknya sih bukan di OKU Timur itu, video lama itu,” kata Mayang saat dikonfirmasi melalui pesan singkat, Rabu (10/11/2021).

Mayang tidak mengetahui kronologi dan penyebab helikopter tersebut terbang rendah hingga membuat rumah warga menjadi rusak.

“Persisnya (kejadian) kurang tahu, kayaknya sih bukan di OKU Timur,” ujar Mayang.

Selain itu, Mayang juga memastikan bahwa helikopter tersebut bukanlah yang digunakan dalam latihan Ancab di Puslatpur Martapura, OKU Timur.

“Bukan, video lama itu,” kata dia.

https://regional.kompas.com/read/2021/11/10/162044478/video-viral-helikopter-terbang-rendah-di-oku-timur-ini-penjelasan-tni

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke