Salin Artikel

Batal Demonstrasi, Bonek Temui Asprov PSSI Jatim, Ini 5 Tuntutan yang Diminta

SURABAYA, KOMPAS.com - Bonek Mania terus memperjuangkan nasib klub kebanggaanya Persebaya Surabaya yang seakan-akan terzalimi oleh berbagai hal yang diduga dilakukan oleh wasit maupun Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

Perjuangan itu dilakukan dengan melakukan pertemuan dengan Pengurus Asprov PSSI Jawa Timur di Kantor PSSI Jatim, Jalan Ketampon, Surabaya, Selasa (9/11/2021) malam.

Pertemuan yang berjalan sekitar tiga jam itu akhirnya menghasilkan titik temu setelah Bonek berkomitmen untuk membatalkan aksi demonstrasi yang direncanakan akan berlangsung besok bertepatan pada Hari Pahlawan.

Dalam pertemuan itu, pentolan-pentolan Bonek yang hadir langsung menyampaikan segala keluhan.

Pada intinya terkait dengan revolusi sepak bola Indonesia.

"Pertimbangan kami, pertama aksi demonstrari ini tentu tidak kita kehendaki karena faktor pandemi. Walau sudah level 1, aksi besar kita khawatir juga. Namun, kita harus mendapat kepastian. Tadi ada lima poin yang sudah disepakati dan dibacakan bersama," ujar salah satu pentolan Bonek, Andi Kristiantono.

Lima poin yang disepakati itu, pertama adalah revolusi total sistem sepak bola nasional.

Kedua, tindak tegas semua wasit sepak bola Indonesia yang tidak menjujung semangat fairplay, respect, dan sportivitas.

Ketiga, transparansi dan publikasi hukuman kepada perangkat pertandingan yang dikenai sanksi, terutama pertandingan antara Persebaya Surabaya vs Persela Lamongan yang digelar tanggal 21 Oktober 2021.


Keempat, PSSI segera melakukan penguatan sistem untuk membantu kepemimpinan wasit di Liga 1 dengan penambahan teknologi VAR (Video Asisten Wasit), atau penambahan jumlah hakim garis terutama garis gawang di setiap gawang tim yang bertanding.

"Bila aspirasi kami ini tidak didengar dan terjadi kembali kesalahan-kesalahan serupa, kami akan melakukan aksi serentak secara nasional dengan jumlah masa aksi lebih besar, terhitung 14 hari setelah surat ini diserahkan," kata Andi, membacakan isi poin kelima.

Sementara itu, Sekretaris Asprov PSSI Jatim Dyan Puspito Rini menyampaikan aspresiasi atas apa yang sudah diperjuangkan Bonek untuk membantu perubahan sepak bola Indonesia.

Ia berkomitmen akan menyampaikan lima poin tersebut kepada PSSI pusat.

"Aspirasi yang masuk akan kami sampaikan ke PSSI pusat. Ini bukan sekadar event belaka, tapi pengingat kecintaan terhadap sepak bola harus kita jaga. Dengan ini harapan jadi awal lebih baik bagi sepak bola Indonesia," tutur dia.

https://regional.kompas.com/read/2021/11/10/054505878/batal-demonstrasi-bonek-temui-asprov-pssi-jatim-ini-5-tuntutan-yang-diminta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke