Salin Artikel

Pohon Bonsai Seharga Rp 250 Juta Dipamerkan di Padang

Ketua panitia pameran bonsai Herdinanto mengatakan, rata-rata pohon bonsai yang dipamerkan tersebut memiliki nilai jual yang cukup tinggi.

"Ada sebanyak 300 pohon bonsai yang dipemerkan dan ada beberapa pohon bonsai yang sudah tua sekali. Salah satunya jenis gulo gumantum yang memiliki harga Rp 250 juta," ucap Herdinanto seperti dikutip dari Antara, Senin.

Ia mengatakan, pameran bonsai dipilih untuk mengisi agenda kegiatan pariwisata, karena di Padang cukup banyak perajin bonsai.

Selain itu, pihaknya juga mengikutsertakan beberapa daerah di Sumbar untuk ikut memamerkan bonsainya di acara tersebut.

Pemeran bonsai juga bertujuan untuk mengajak masyarakat mencintai bonsai dan mau belajar membuat bonsai yang memiliki harga jual cukup tinggi.

Pameran pohon bonsai bertajuk Bonsai Rancak Bana dengan tema "Berkarya Tanpa Batas, Berkreasi Tanpa Henti" ini akan berlangsung hingga 14 November 2021.

Seluruh bonsai yang dipemerkan pada kegiatan tersebut akan dinilai oleh panitia dari Dinas Pariwisata Kota Padang.

Pemilik pohon bonsai terbaik akan mendapatkan hadiah.

"Kami akan umumkan pemenangnya pada saat hari penutupan pameran, yakni pada 14 November 2021. Para pemenang akan mendapatkan piala, beserta uang pembinaan," ucap Herdinanto.

Sementara itu, salah satu pengunjung pameran, Kurniati, sangat menikmati berbagai pohon bonsai yang dipamerkan pada kegiatan tersebut.

"Bonsainya walaupun kecil-kecil tapi memiliki bentuk yang unik dan memiliki ciri khas masing-masing yang belum pernah saya jumpai sebelumnya," ujar Kurniati.

Kurniati cukup tertarik untuk mencoba membuat pohon bonsai di rumahnya, karena mengetahui harga jualnya yang cukup tinggi.

"Saya berencana akan membeli bahan bonsai di pameran ini, karena harganya cukup terjangkau. Tadi saya dengar ada yang Rp 50.000 hingga ratusan ribu," ucap Kurniati.

https://regional.kompas.com/read/2021/11/09/135059078/pohon-bonsai-seharga-rp-250-juta-dipamerkan-di-padang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke