Salin Artikel

Sehari Terjadi 4 Kecelakaan dengan 4 Korban Tewas di Lamongan

LAMONGAN, KOMPAS.com - Pihak kepolisian mencatat ada empat kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Kabupaten Lamongan pada Senin (8/11/2021).

Empat korban dari empat insiden kecelakaan yang terjadi meninggal dunia.

Kanit Penegakan Hukum (Gakkum) Satlantas Polres Lamongan Ipda Anang Purwowidodo mengatakan, tingginya angka kecelakaan lalu lintas yang terjadi membuat pihaknya prihatin.

Pihaknya turut mengucap belasungkawa atas kejadian yang dialami para korban.

"Untuk kejadian laka lantas (kecelakaan) kemarin itu ada empat, dengan empat korban meninggal dunia," ujar Anang, saat dikonfirmasi, Selasa (9/11/2021).

Kecelakaan tersebut terjadi di beberapa lokasi. Ada yang terjadi di Kecamatan Paciran, ada di Brondong, dan dua kejadian di wilayah Kecamatan Babat.

Dari total kecelakaan yang terjadi, mengakibatkan empat korban meninggal dunia yang didominasi oleh pengendara sepeda motor.

"Ada yang tabrak lari, dan terbaru itu yang di Desa Tritunggal di Kecamatan Babat, tadi malam. Dua korban meninggal dunia, bahkan tercatat masih usia produktif, pelajar," ucap Anang.

Dari kronologi dan penuturan para saksi yang menyaksikan kejadian, kata dia, kecelakaan tersebut diduga karena korban kurang berhati-hati dan kurang memahami konsep berkendara yang aman (safety riding).


Sehingga, kendaraan yang mereka tumpangi menabrak maupun menyenggol mobil lain.

"Laporan yang kami terima, kebanyakan faktor kelalaian, karena kesalahan pengemudi (korban). Kurang hati-hati saat mau belok dan menjaga jarak, cara mendahului, human error-nya di situ," kata Anang.

Untuk itu, pihak kepolisian dalam hal ini Satlantas Polres Lamongan coba menggencarkan sosialisasi mengenai tata cara berkendara yang baik dan benar (safety riding), di sekolah maupun beberapa tempat yang dinilai dapat menunjang aspek yang hendak disosialisasikan.

"Tingginya angka kecelakaan yang terjadi, terlebih menimpa usia produktif dan pelajar, kami sudah lakukan anev. Untuk sosialisasi, kemarin sudah dilakukan di SMA Negeri 1 Lamongan dan juga pangkalan-pangkalan truk untuk tertib berlalu lintas," tutur Anang.

Adapun korban meninggal dunia dalam insiden lalu lintas yang terjadi di antaranya, S (17) warga Kecamatan Brondong yang mengendarai sepeda motor Honda Beat dengan nomor polisi S 4940 LA, salah seorang santri yang ada di pondok pesantren di Paciran, dan terbaru EW (24) yang mengendarai motor Scoopy dengan nomor polisi S 4022 AY dalam kecelakaan di Desa Tritunggal, Kecamatan Babat.

https://regional.kompas.com/read/2021/11/09/124936378/sehari-terjadi-4-kecelakaan-dengan-4-korban-tewas-di-lamongan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke