KILAS DAERAH

Kilas Daerah Jawa Tengah
Salin Artikel

Ganjar Tekankan Pentingnya Keterbukaan Keuangan Negara Selama Pandemi

Oleh karena itu, dia menilai sinkronisasi sistem antara pemerintah daerah (pemda) dan pemerintah pusat merupakan hal yang penting.

"Ini penting banget sehingga semua bisa tahu dan tidak ada yang disembunyikan karena uang negara semua harus di-disclosed, semua harus terbuka,” ujarnya, dikutip dari keterangan pers resminya, Senin (8/11/2021).

Dia mengatakan itu saat menerima kunjungan Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Awan Nurmawan Nuh dan rombongan dari Kementerian Keuangan di Kantor Gubernur Jawa Tengah, Senin.

“Sinkronisasi sistem ini yang menurut saya penting sehingga Irjen Kemenkeu datang ke sini untuk memberikan briefing sekaligus mendapatkan masukan dari daerah," kata Ganjar.

Ia menambahkan, memasuki era digitalisasi seperti saat ini, sistem e-audit sudah harus digunakan. Selain memudahkan proses audit, penggunaan itu juga dapat mempercepat audit.

"Beliau (Awan) ini sudah ke provinsi lain juga dan saya kira sama problemnya, karena situasinya memang turbulens kemarin, tidak pasti. Jadi kami musti membuat sinkronisasi. Kalau sudah audit saya rasa kami sudah harus masuk e-audit," terangnya.

Dalam kunjungan tersebut, Ganjar dan rombongan Kemenkeu berdiskusi membahas pengelolaan APBN dan APBD, khususnya dalam menstimulus ekonomi selama pandemi Covid-19.

"Tadi Irjen Kemenkeu berkunjung untuk memastikan governance kita tetap berjalan. Karena ini masih masa pandemi, bagaimana kami menggunakan keuangan negara dengan benar, bagaimana APBN dan APBD menstimulus ekonomi," katanya.

Ganjar menjelaskan, diskusi tersebut turut membahas beberapa hal lain, di antaranya masalah yang dihadapi dalam konteks governance dan auditing system, hingga bagian yang mempunyai potensi masalah.

"Tadi diungkapkan semua bahwa penentuan harga sendiri yang berbeda, dari waktu ke waktu kok berbeda khususnya ketika kami beli peralatan terkait pandemi. Ini yang tadi disampaikan, nanti akan kami tindak lanjuti dan diskusikan lagi,” ujarnya.

Ganjar menekankan, pertemuan itu pada intinya membahas bagaimana mengamankan uang negara dalam kondisi pandemi.

“Uang yang kita keluarkan harus bisa mendorong ekonomi tumbuh," tuturnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/11/08/18171951/ganjar-tekankan-pentingnya-keterbukaan-keuangan-negara-selama-pandemi

Bagikan artikel ini melalui
Oke