Salin Artikel

Tak Lagi Wajib PCR, Wagub Yakin Wisatawan ke Bali Meningkat 100 Persen di Akhir Tahun

Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati mengatakan, jika kebijakan itu tetap dijalankan, kunjungan wisatawan domestik ke Bali bisa meningkat hingga 100 persen pada libur akhir tahun 2021.

Jumlah itu dihitung dari sekitar 9.000 wisatawan yang datang ke Bali dalam sehari sejak syarat wajib PCR ditiadakan.

"Apabila tidak ada perubahan kebijakan sampai akhir tahun, angkanya (kedatangan wisatawan domestik ke Bali) bisa meningkat sampai 100 persen," kata pria yang akrab disapa Cok Ace tersebut saat dihubungi, Senin (8/11/2021).

Cok Ace menyebutkan, berubahnya aturan kebijakan yang tak lagi mewajibkan PCR sebagai syarat penerbangan tentu berdampak baik terhadap jumlah kunjungan wisatawan domestik ke Bali.

Berdasarkan data Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, jumlah penumpang di pintu kedatangan domestik bahkan menyentuh angka 9.083 penumpang di hari pertama kebijakan itu diberlakukan pada Rabu (3/11/2021).

Padahal, saat masih diberlakukan wajib PCR, kedatangan penumpang masih berada di angka 6.350 pada Senin (1/11/2021) dan 6.044 penumpang pada Selasa (2/11/2021).

"Saya yakin wisdom yang ke Bali meningkat, pada hari-hari biasa saja itu sudah (meningkat) sekitar 30 persen sampai 40 persen," kata dia.


Selain itu, Cok Ace mengatakan, wisatawan domestik saat ini masih menjadi angin segar bagi pelaku pariwisata di tengah belum adanya wisatawan mancanegara (wisman) yang datang ke Bali.

Meski telah menerima laporan akan ada wisman ke Bali sejak pintu penerbangan internasional dibuka pada Kamis (14/10/2021) lalu, pihaknya belum bisa memastikan kapan wisman akan datang ke Bali.

"Semuanya masih dinamis, karena negara-negara pesaing kita juga terus berusaha menarik wisatawan agar datang ke tempat mereka dengan berbagai kemudahan," tuturnya.

Ia pun berharap, dalam beberapa hari ke depan sudah ada wisman yang datang ke Bali.

"Sampai sekarang belum ada yang datang langsung ke Bali, mudah-mudahan beberapa hari ke depan ini ada yang sudah datang langsung," kata dia.

https://regional.kompas.com/read/2021/11/08/150410478/tak-lagi-wajib-pcr-wagub-yakin-wisatawan-ke-bali-meningkat-100-persen-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke