Salin Artikel

Data 815 Guru SMA di Kabupaten Tangerang Bocor, Kepala Disdikbud Banten: Yang Upload Namanya Sudah Diketahui

KOMPAS.com - Sebanyak 815 data pribadi milik guru sekolah wenengah atas di Kabupaten Tangerang, Banten, bocor.

Data pribadi yang bocor itu mencakup nama lengkap, identitas nama ibu kandung, kartu tanda penduduk, dan nomor rekening.

Data itu bocor setelah diunggah ke situs vbook.pub yang merupakan penyedia e-book secara gratis.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Banten Tabrani mengaku sudah mengantongi identitas terduga pelaku yang membocorkan data ratusan guru tersebut.

Bahkan, kata Tabrani, nama terduga pelaku yang mengunggah data ke situs penyimpanan dokumen vbook.pub tercantum di antara daftar nama 815 guru yang datanya tersebar.

"Saya menugaskan Kepala Balai (Pak Tito Istianto) untuk berkordinasi dengan Polda. Di Polda diceritakan kronologinya, kemudian oleh Polda dicek. Nah, ternyata yang upload itu namanya ada di dalam daftar data itu, sudah diketahui namanya," kata Tabrani saat dihubungi Kompas.com melalui sambungan telepon. Senin (8/11/2021).


Tabrani belum mengetahui terduga pelaku yang membocorkan data itu statusnya guru atau bukan. Namun, ia sudah mengetahui namanya.

"Namanya sudah diketahui. Nah, tapi kita belum tahu (pelaku statusnya guru atau bukan) karena apakah itu (yang tersebar) data guru atau data apa itu saya belum tahu," ungkapnya.

Kata Tabrani, pihaknya akan memanggil terduga pelaku untuk dimintai klarifikasi terkait dengan kejadian itu.

Jika hasil pemeriksaan ditemukan unsur pidana, sambungnya, terduga pelaku akan diserahkan ke pihak kepolisian.

"Pemanggilan untuk diklarifikasi, apakah benar dia yang mengupload? Apa motivasinya? Nanti kalau hasil pemanggilan ada indikasi pelanggaran hukum akan kita serahkan ke Polda," ujarnya.

Namun, lanjutnya, jika dari hasil pemeriksaan terduga pelaku melakukan perbuatan itu karena dasar ketidaktahuannya maka tetap akan diberikan sanksi.


Sebelumnya diberitakan, data pribadi ratusan guru SMAN di Kabupaten Tangerang, Banten, bocor dan diunggah ke situs vbook.pub yang menyediakan e-book secara gratis.

Dalam data itu juga tercantum lengkap nama ibu kandung, kartu tanda penduduk, nomor rekening, hingga nomor telepon.

Kepala UPTD Balai Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (BTIKP) pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Provinsi Banten Tito Istianto membenarkan data pribadi guru di sejumlah SMAN di Kabupaten Tangerang tersebar secara luas.

"Data tersebut diunggah bukan di website-nya Dindikbud. Tapi, (diunggah) ke aplikasi semacam drop box, aplikasi yang menyimpan dokumen. Itu pun bukan punya kita," kata Tito saat dikonfirmasi Kompas.com melalui sambungan telepon, Minggu (7/11/2021).

Akibat bocornya data tersebut, sejumlah guru sudah ada yang melaporkan kepada Dindikbud Banten karena merasa dirugikan datanya tersebar secara luas.

"Memang ada beberapa guru diteror dari pembelian barang secara online, itu yang saya dapat informasinya," ungkapnya.

 

(Penulis : Kontributor Serang, Rasyid Ridho | Editor : David Oliver Purba)

https://regional.kompas.com/read/2021/11/08/140454478/data-815-guru-sma-di-kabupaten-tangerang-bocor-kepala-disdikbud-banten-yang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke