Salin Artikel

26 Kecamatan di Kabupaten Bogor Berpotensi Hujan Lebat, Bupati Ade Yasin Minta Masyarakat Waspada

KABUPATEN BOGOR, KOMPAS.com - Untuk beberapa hari ke depan, masyarakat di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, diminta meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi hujan intensitas tinggi atau hujan lebat dan risiko banjir.

Hal tersebut disampaikan Bupati Bogor Ade Yasin dalam keterangan tertulisnya pada Minggu (7/11/2021).

"Saya mengajak masyarakat Kabupaten Bogor untuk bersiaga terhadap potensi bencana alam akibat hujan lebat, terutama yang berada di daerah rawan bencana," kata Ade.

Ia mengatakan, peringatan dini curah hujan tinggi dan potensi banjir ini dikeluarkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) berdasarkan pertanda masa peralihan dari musim kemarau ke musim hujan.

Berdasarkan rilis BMKG Jakarta mengenai potensi dampak hujan lebat untuk dampak banjir bandang dapat terjadi di wilayah Jawa Barat, salah satunya daerah yang berstatus siaga yaitu Kabupaten Bogor.

"Ada 26 kecamatan di Kabupaten Bogor sebagai wilayah berpotensi terdampak hujan lebat," ujarnya.

Oleh karena itu, sambung Ade, mengajak masyarakat untuk senantiasa meningkatkan kewaspadaan serta kesiapsiagaan terhadap segala kemungkinan bencana akibat hujan lebat di Kabupaten Bogor.

Menurut dia, bencana yang disebabkan oleh faktor alam atau non-alam merupakan peristiwa yang sulit untuk diperkirakan secara tepat dan pasti.

“Namun meski dalam kondisi siaga, masyarakat tidak perlu panik dan tetap tenang, berhati-hati jika beraktivitas di luar rumah, mencari informasi valid melalui pihak-pihak terkait kebencanaan, serta tetap menjaga protokol kesehatan, karena masih dalam situasi pandemi Covid-19," ungkap Ade.

Berdasarkan pada informasi BMKG Jakarta, yang merilis prakiraan cuaca berbasis dampak (IBF) untuk dampak banjir atau banjir bandang di Jawa Barat. Terdapat tiga daerah berstatus siaga yakni, Sukabumi, Kabupaten Garut, dan Kabupaten Bogor.

BMKG merilis khusus wilayah Kabupaten Bogor yang berpotensi dilanda hujan dengan intensitas lebat ada di 26 kecamatan yaitu, Cibinong, Citeureup, Babakan Madang, Sukaraja, Bojonggede, Tajurhalang, Kemang, Rancabungur, Ciomas, Dramaga, Tamansari, Ciawi, Megamendung, Cijeruk, Caringin, Cigombong, Pamijahan, Tenjolaya, Leuwiliang, Ciampea, Nanggung, Leuwisadeng, Rumpin, Cibungbulang, Tanjungsari, dan Sukamakmur sebagai wilayah berpotensi terdampak.

https://regional.kompas.com/read/2021/11/07/134323078/26-kecamatan-di-kabupaten-bogor-berpotensi-hujan-lebat-bupati-ade-yasin

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke