Salin Artikel

Banjir Kali Lamong Gresik Mulai Surut di Sebagian Kecamatan Balongpanggang

Dengan air bah sebagian daerah yang berada di Kecamatan Balongpanggang terpantau mulai surut, Sabtu (6/11/2021) sore.

Hanya saja pada saat yang sama, beberapa desa yang berada di Kecamatan Cerme mulai tergenang.

Termasuk, banjir yang melanda Desa Cermen di Kecamatan Kedamean, juga semakin meluas dengan kini air telah merendam fasilitas umum (fasum) dan perumahan warga.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gresik Tarso Sagito mengatakan, air bah yang sempat menggenangi jalan poros desa dan lingkungan di Desa Dapet, Kecamatan Balongpanggang, sudah surut.

Begitu juga dengan banjir yang sempat menggenangi area persawahan di desa setempat, juga terpantau surut.

"Tidak hanya Desa Dapet. Sampai pukul 16.00 WIB, genangan air di jalan poros desa maupun jalan lingkungan di beberapa desa di Kecamatan Balongpanggang juga sudah surut," ujar Tarso, Sabtu.

Banjir Kali Lamong rendam puluhan hektar sawah

Seperti di Desa Wotansari yang juga berada di Kecamatan Balongpanggang, air tinggal merendam area persawahan seluas 35 hektar. Begitu pula di Desa Karangsemanding, tinggal menggenangi sawah seluas 30 hektar.

Sementara di Desa Sekarputih tinggal menyisakan sawah seluas 15 hektar, dan di Desa Pucung tinggal sawah seluas 29 hektare yang tergenang.

"Untuk Desa Banjaragung, air masih menggenangi jalan lingkungan sepanjang 50 meter dengan ketinggian 10 hingga 20 sentimeter, serta sawah seluas 200 hektar," ucap Tarso.


Tidak seperti di Kecamatan Balongpanggang, jalan poros desa dan jalan lingkungan di beberapa desa yang ada di Kecamatan Benjeng masih tergenang banjir. Baik itu Desa Lundo, Sedapurklagen, Gluranploso, Deliksumber, Bengkelo Lor, Munggugianti, Kedungrukem, Bulurejo, Klampok, Dermo, Kedungsekar maupun Sirnoboyo.

Adapun di Kecamatan Kedamean, banjir yang melanda Desa Cermen membuat area persawahan seluas 73 hektar terendam.

Dengan jalan lingkungan tergenang sepanjang 4.500 meter dengan ketinggian air 60 hingga 200 sentimeter, serta sebanyak 409 rumah warga, balai desa, Sekolah Dasar Negeri Cermen, masjid dan musala turut tergenang air.

"Untuk Kecamatan Cerme, data yang masuk hingga pukul 16.00 WIB itu Desa Sukoanyar. Dengan yang tergenang jalan poros desa, jalan lingkungan, area persawahan dan tambak," kata Tarso.

https://regional.kompas.com/read/2021/11/06/211600178/banjir-kali-lamong-gresik-mulai-surut-di-sebagian-kecamatan-balongpanggang-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke